KENDALIKAN HAMA TIKUS DENGAN BURUNG HANTU

Ditulis oleh Agus Pambudi   
Sabtu, 27 April 2013 15:05
pasfmpati.com (Pati, Kota) - Tikus sawah merupakan hama yang relatif sulit dikendalikan. Karena perkembangan dan daya rusaknya terhadap tanaman padi yang tinggi, sehingga butuh pengendalian. Salah satunya, dengan melakukan pengendalian secara alami menggunakan burung hantu  (Tyto alba javanica).

Daya rusak pada tanaman padi yang cukup tinggi, menyebabkan hama tikus selalu menjadi ancaman pada pertanaman padi. Kehilangan akibat serangan tikus sangat besar, karena menyerang tanaman sejak padi di persemaian hingga menjelang panen.

Bupati Pati, Haryanto kepada PAS Pati mengatakan, agar petani diwilayahnya tidak merugi akibat serangan hama tikus ini, diperlukan upaya pengendalian untuk menekan populasinya secara alami dengan menggunakan burung hantu.

“Manakala hama ini bisa hilang, sudah barang tentu hasil panen bisa meningkat. Memang bila ham yang lain bisa dikendalikan dengan penyemprotan, tapi hama tikus ini harus bersama-sama, dan ini sudah kami siapkan tyto alba javanica (burung hantu) dan sarangnya. Sehingga akan membantu pengendalian secara alami,” kata Bupati Haryanto.

Menurut Bupati Pati, untuk penyiapan dan pengembangbiakan burung hantu yang dilakukan Pemkab Pati dibeberapa desa, diantaranya di Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo. Dan rencananya, akan ditambah lokasinya setelah mendapat alokasi anggaran dalam APBD Perubahaan 2013.

“Tapi nanti pada perubahan anggaran dan APBD 2014 akan kami tambah lebih banyak terutama di daerah-daerah endemis yang kebetulan populasi tikusnya banyak seperti di Desa Jambean Kidul, Desa Jimbaran, dan beberapa desa di Kecamatan Jakenan, Kecamatan Sukolilo, dan Kecamatan Tambakromo akan kita kembngkan tyto alba,” jelasnya.

Dalam dua pekan terakhir ini, beberapa petani bersama Dispertanak atas dorongan Bupati Pati Haryanto, melakukan gropyokkan tikus serentak, seperti di Desa Jambean Kidul Kecamatan Margorejo dan Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo.(*)
 
 http://pasfmpati.com
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar