Pengepul Kobra ini Ekspor Ular ke China

Tomi Sujatmiko | Selasa, 30 April 2013 | 20:50 WIB | Dibaca: 134 | Komentar: 0
Wardi sedang mengemasi ular yang sudah dikeringkan (Foto: Alwi Alaydrus)
ULAR kobra termasuk raja dari segala macam jenis ular karena bisanya sangat mematikan. Tidak mengherankan banyak orang yang menghindar bahkan membunuhnya. Namun, bagi Wardi ( 63 ) warga  RT 1/RW II Desa/Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati justru bisa hidup berkecukupan justru dari ular. 

Bagi  Wardi, berprofesi sebagai pencari dan penjual ular sudah dilakukan sejak tahun 1987.  Maka tidak  heran jika masyarakat kecamatan Gabus memberi julukan Wardi sebagai  jagonya berhadapan dengan ular. "Usaha mencari dan menjual ular ini sudah saya kerjakan selama 27 lalu.  Awalnya saya hanya mencari  ular  kecil-kecilan. Kemudian berkembang menjadi  pengepul. Dan, sekarang malah menjadi  pengedar ular," kata Wardi kepada KRjogja.com belum lama ini.

Wardi menjelaskan karena banyaknya permintaan ular dari beberapa derah yang terus meningkatterpaksa harus membuatkan semacam tempat penampungan binatang jenis reptil ukuran 2 X 4 meter yang  berada di sebelah rumahnya. Khusus untuk ular yang akan segera dipotong disediakan tempat berupa karung,  dengan  ukuran 50 X 30 centimeter. Setiap harinya Wardi menerima setoran ratusan ular aneka jenis dari beberapa orang pencari ular. Misalnya,  datang dari kabupaten Demak, Grobogan, Bora, Jepara bahkan ada yangdari Pemalang.

"Rata rata per harinya kami menerima setoran ular sampai 100 ekor. Tetapi harus memenuhi standar. Diantaranya per ekor ular harus punya bobot minimal 0,6 hingga 1 kilogram” tutur Wardi.

Penanganan atau pemotong ular harus disesuaikan dengan ukurannya. Wardi selalu mendahulukan memotong  ular yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan  harus dikuliti terlebih dulu. Hasil usaha dari ular ini Wardi mengaku bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ular yang sudah dikeringkan itu  akan diekspor ke  Cina, Singapura serta Taiwan. Katanya  untuk bahan obat. Sedangkan kulit ular biasanya  digunakan untuk bahan kerajinan.(Cuk)

http://krjogja.com
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar