Ritual Siswa Jelang UN SD dan MI

Ujian Nasional tingkat sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dimulai Senin (6/5) esok, ribuan siswa di sejumlah daerah mengikuti doa bersama. Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan mental para siswa jelang ujian.

Ritual yang berbeda dilakukan oleh murid Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Desa Trimulyo, Pati, Jawa Tengah. Jelang Ujian Nasional,  hari ini mereka mendatangi makam leluhur.

Makam Mbah Hayat dan Wali Syeh Jangkung yang diyakini sebagai leluhur desa terletak lima kilometer dari sekolah para siswa.

Menurut salah seorang guru mereka, selain untuk menyegarkan fisik dan pikiran jelang menghadapi ujian, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengajarkan siswa mengenal dan menghargai para leluhur mereka. Di makam kedua leluhur ini para siswa dan guru menggelar doa bersama.

Ujian nasional tingkat SD tinggal di depan mata. Para siswa pun mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Tak terkecuali seorang siswa yang terpaksa belajar di kandang kambing.

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar