10 Kuliner Yang Disenangi Masyarakat Pati

(Jateng Headline - PATI) Setiap daerah punya keistimewaan yang berbeda-beda.  Dan setiap daerah punya karakteristik dan kekhasan yang mencerminkan daerahnya.  Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa juga punya ciri khas dan tradisi yang berbeda dengan daerah lainnya.  Seperti juga ciri khas masyarakat dan kehidupannya pun juga berbeda.

Perbedaan dan kekhasan  Kabupaten Pati dengan daerah lainnya bisa tercermin pada makanan atau kuliner yang disenangi masyarakatnya. Dan jika anda berkunjung ke Kabupaten Pati, ini bisa menjadi rekomendasi anda untuk memilih kuliner yang disenangi masyarakat Pati dan tentunya anda juga siap untuk mencobanya.

10 Kuliner yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran dan kesenangan masyarakat Pati adalah :

1. Nasi Gandul
Nasi gandul merupakan kuliner yang sangat khas Kabupaten Pati.  Dan sudah dikenal masyarkat Indonesia, jika berkunjung ke Pati maka tidak lengkap jika tidak menyantap nasi gandul.  Nasi gandul sangat mudah didapatkan dan bertebaran di kota Pati.

2. Soto Kemiri
Tidak berbeda dengan nasi gandul, soto kemiri juga sudah menjadi ikon Kabupaten Pati setelah nasi gandul.  Soto kemiri merupakan soto tradisional masyarkat Pati yang tentunya berbeda dengan soto-soto dari daerah lain.  Soto kemiri juga sangat mudah didapatkan dan banyak warung yang menjual soto kemiri.

3. Semur
Masakan semur merupakan masakan yang berbahan dasar santan ditambah dengan tahu, tempe, telur ataupun daging.  Semur juga sangat mudah didapatkan di setiap warung yang ada di Kabupaten Pati.  Semur juga sangat kental dengan masyarakat Pati mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

4. Petis Runting
Nama kuliner petis Runting mungkin sudah tidak asing bagi yang sering berkunjung ke Pati.  Kuliner ini lebih banyak dikenal dari sebuah daerah di Pati yang bernama Runting yang masuk di Desa Tambaharjo.  Petis runting ini merupakan masakan berbahan dasar daging kambing dan tepung, yang sangat khas Pati. 

5. Getuk Runting
Di dukuh Runting ini, selain terkenal dengan petis Runting masih ada makanan yang menjadi kegemaran masyarakat Pati.  Salah satunya yang sudah dikenal adalah getuk Runting, yang punya kekhasan rasa dibanding getuk dari daerah lain.

6. Ndas Manyung
Makanan ini berbahan dasar ikan laut, yang sangat gurih dan lezat.  Ndas manyung merupakan masakan dari kepala ikan manyung yang diolah dengan rasa yang agak pedas.  Makanan ini juga menjadi kesukaan masyarakat Pati. 

7.  Bandeng Bakar dan Presto
Sebagai daerah penghasil ikan yang besar, Kabupaten Pati juga terkenal akan ikan bandengnya.  Berbagai olahan bandeng siap memanjakan anda jika berkunjung ke Pati.  Salah satunya yang sudah dikenal adalah bandeng bakar dan bandeng presto.

8.  Semur Kutuk
Hampir mirip dengan masakan semur, namun yang ini berbahan dasar ikan gabus atau dalam istilah Jawa dinamakan ikan kutuk.   Menu masakan ini, juga sangat digemari masyarakat Pati.  Dan jika anda berkunjung ke Pati, maka anda bisa mencicipi semur kutuk ini.

9. Sego Tewel
Sego tewel adalah istilah dalam bahasa Jawa, sedangkan dalam bahasa Indonesia bisa dinamakan nasi nangka muda.  Sego tewel menjadi makanan kesukaan masyarakat Pati terlebih di daerah Tambakromo. Punya nilai yang khas, karena disajikan dengan menggunakan daun jati sebagai alasnya.  Nasi dengan sayur nangka muda ini, sangat menarik untuk dicicipi jika berkunjung ke Pati.

10. Nasi Kucing
Dinamakan nasi kucing dikarenakan kemasan nasinya yang sangat kecil.  Dan jika memakannya maka bisa berbungkus-bungkus.  Walaupun nasi kucing di daerah manapun juga ada, namun nasi ini juga menjadi kesukaan masyarakat Pati.  Penjual nasi kucing bertebaran di seluruh kawasan di Pati, dan dipastikan tidak akan kesulitan menemukannya.









Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar