Budidaya Joper Mulai Dilirik Masyarakat Di Kabupaten Pati


(Jateng Headline - PATI) Budidaya  joper atau Jowo Super (ayam kampung) di Kabupaten Pati, mulai mendapat apresiasi para peternak dan pelaku usaha. Di Kabupaten Pati, sejumlah daerah mulai membudidayakan ayam joper ini.  Harga dagingnya,  yang cenderung lebih tinggi dari ayam pedaging menjadi pertimbangan untuk menggeluti usaha budidaya joper.
Budidaya joper yang dikenal masyarakat dengan ayam kampung ini, menjadi lahan usaha baru dan menjanjikan di Kabupaten Pati. Selain harganya yang cenderung lumayan tinggi dibanding ayam pedaging, joper juga banyak digemari masyarakat. Permintaan ayam joper di Kabupaten Pati pun menjadi tinggi. Dengan modal yang lumayan terjangkau, hanya 500 ribu per boksnya untuk doc (bibit joper), maka budidaya joper menjadi semakin dilirik masyarakat.
Di Kabupaten Pati saja, budidaya joper mulai dikembangkan di Juwana, Winong, Wedarijaksa dan Gembong. Dengan masa panen yang cenderung cepat, sekitar 3 minggu maka usaha ini sangatlah menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya permintaan dari rumah makan dan restauran di Pati, salah satu peternak joper di Pati adalah Junaidi, warga Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati.
Junaidi menerangkan bahwa, ‘’Kami membudidayakan joper karena banyaknya permintaan dari pasar di Pati.  Terkadang, untuk memenuhi permintaan konsumen, kami kesulitan.  Untuk pasar di Pati saja, stok joper setiap hari sangat kurang. Setiap hari kami bisa menjual sekitar 30 hingga 40 kg”
Lebih lanjut Junaidi menambahkan, bahwa budidaya dan pemeliharaan joper pun tidaklah membutuhkan biaya yang tinggi. Apalagi Junaidi sudah menemukan formula yang pas untuk pengobatan dan vitamin untuk joper tersebut. Junaidi tidak menggunakan obat kimia, namun menggunakan obat herbal buatan sendiri. Dengan obat herbal tersebut, Junaidi bisa menekan biaya pemeliharaan.  Lihat video : https://www.youtube.com/watch?v=AAgvGzo04h4
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar