Di Pati,,,Ternyata Ada Tradisi Kuras Bendungan


(Jateng Headline - PATI) Bulan Syaban  bagi warga Desa Bumiharjo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  merupakan bulan yang sangat ditunggu. Dikarenakan  setiap tahun dipastikan akan ada tradisi yang lumayan menarik. Warga desa tersebut menggelar tradisi kuras embung atau bendungan kecil  yang biasanya digunakan untuk irigasi sawah.


Ratusan warga Bumiharjo memadati waduk  untuk menguras dan mengambil ikan yang ada di dasar bendungan. Dengan menggunakan mesin penyedot air,  di bendungan yang luasnya satu hektar  warga Bumiharjo dan desa sekitar beramai-ramai mencari ikan dengan menggunakan jaring.

“Ini merupakan agenda setiap tahun di bulan Sya’ban.  Kami semua menguras embung ini dan sekalian memanen ikan yang ada, “ jelas Supomo, perangkat desa Bumiharjo.

Warga pun bersemangat menjaring ikan bahkan mereka bisa memperoleh ikan dalam jumlah banyak. 

“Tradisi ini  selain sebagai rasa syukur pada Tuhan  juga sebagai cara untuk kebersamaan dengan melakukan panen ikan, agar bisa dirasakan oleh seluruh warga desa dan sekitarnya,” terang Supomo. 

Supomo juga menambahkan bahwa banyaknya ikan yang ada di embung merupakan berkah bagi desa Bumiharjo.

“Banyaknya ikan yang diperoleh warga  dikarenakan beberapa kali memperoleh bantuan benih ikan dari pemerintah. Diharapkan  dengan tradisi ini akan semakin menambah persaudaraan dan kerukunan antar warga dan mendorong warga untuk ikut merawat bendungan kecil ini,  sehingga fasilitas pengairan untuk sawah tetap dirawat,” pungkasnya.

 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar