Harga Gas Melambung, Pengawasan Disperindag Dinilai Buruk

(Jateng Headline – PATI) Distribusi gas elpiji 3 kg yang masih semrawut di Kabupaten Pati menjadi keluhan  besar masyarakat Pati pada saat ini.  Kesemrawutan distribusi gas elpiji 3 kg membuat kelangkaan di tingkat pengecer dan harganya pun menjadi tidak terkendali.

Salah satu warga di Desa Sarirejo, bernama Santi, membeberkan bahwa dirinya harus mengantri untuk membeli  gas elpiji 3 kg.  Itupun oleh pangkalan, dilakukan dalam satu minggu satu kali penjualan.

“Sengsara sekali, mau masak tidak bisa.  Sementara mau membeli gas saja, harus mengantri dan terkadang tidak kebagian.  Kalaupun ada terkadang harganya jauh dari normal, hingga Rp. 20.000,- ke atasa,” jelasnya.

Situasi seperti itu, sebenarnya sudah terjadi berbulan-bulan, namun masyarakat kecil seperti Santi tidak bisa berbuat apa-apa.  Situasi seperti itu, juga tidak hanya terjadi di Pati kota saja, namun juga terjadi di Cluwak, Tambakromo dan hamper di seluruh Kabupaten Pati.

Kasubag Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM bagian Perekonomian Setda Pati,  Suwardi   mengatakan akan segera menindaklanjuti situasi yang ada.  Selama ini, alur distribusi sebenarnya sudah sesuai dengan yang diharapkan, namun disisi lain ada situasi yang tidak terkontrol.

“Distribusi gas elpiji 3 kg, sebenarnya sudah sesuai dengan alurnya.  Namun pengawasan yang kurang di tingkat pangkalan dan pengecer mengakibatkan harga gas tidak terkontrol,” jelasnya.

Situasi tersebut juga mendapat tanggapan dari Komisi B DPRD Pati, Mulyanto. Distribusi gas elpiji 3 kg memang sudah sesuai dengan alurnya.  Dan ditengarai, kelangkaan gas ada kemungkinan  disebabkan kuota masih kurang.  Selain itu, di tingkat bawah pendistribusian seperti pangkalan dan pengecer, ada oknum sebagai pengepul gas. 

“Adanya pengepul gas inilah yang terkadang menjadikan kelangkaan gas, akibatnya harga juga tidak terkontrol.  Ini sebagai bentuk mafia gas, seharusnya ada pengawasan yang baik  oleh Disperindag.  Selama ini pengawasan sepertinya masih buruk,” tegasnya.

Oleh karena itu, mengurai kesulitan masyarakat Pati dengan kelangkaan gas dan harga yang melambung tinggi harus secepatnya diselesaikan.  Jika tidak, dikhawatirkan menimbulkan  kerentanan social di masyarakat Pati.




Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar