Ingin Pengasihan, Cantik dan Awet Muda Datang Ke Gua Pancur

(Jateng Headline - PATI) Pegunungan Kendeng Utara, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  memang mempunyai daya tarik tersendiri  dengan keindahan alamnya. Namun terlebih dari itu  ada mitos menarik yang membuat Pegunungan Kendeng Utara menjadi penuh misteri. Salah satu mitos yang dipercaya sampai sekarang adalah khasiat air dan rahasia di dalam gua Pancur  di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen.

Setelah bersolek dan direnovasi  dengan berbagai penambahan wahana dan permainan di areal gua Pancur, kini pengunjung pun mulai banyak yang berdatangan. Namun di sisi lain, gua Pancur punya banyak misteri yang orang lain  belum tentu mengetahuinya. 

Menurut cucu juru kunci gua Pancur Mbah Kasmijan, bernama Habib menjelaskan bahwa jika menyusuri kedalaman gua Pancur  maka akan banyak keindahan di dalamnya. Stalagtit dan stalagmit  dengan keindahan ornamen menghiasi gua Pancur. 

“Gua Pancur pertama kali ditemukan oleh Mbah Sarto pada tahun 1935, pada saat itu belum terdapat 2 mulut gua.  Dinamakan gua Pancur, karena dulu air dari gua tersebut airnya mancur.  Kemudian oleh warga sekitar, dari air yang mancur tersebut, dipukul dengan palu yang akhirnya membuat batu disekitarnya menjadi ambrol, dan membentuk 2 mulut gua,” jelasnya.

Lebih lanjut Habib juga menjelaskan bahwa air di gua Pancur juga terbagi dua.  Pertama air dingin dan yang kedua adalah aair hangat.  Dari mitos yang berkembang, air hangat tersebut merupakan bekas petilasan Syeh Jangkung.  Namun air tersebut hanya bisa dirasakan dengan kaki.

“Dan yang menjadi menarik lagi  adalah adanya 7 jenis batu yang punya nama khas. Dalam istilah Jawa, batu yang disebut watu, di dalam gua Pancur ada watu jaran, watu dom (jarum), watu Semar, watu jodo, watu sayap malaikat, watu lintang dan watu flowstone,” jelas Habib.

Bagi masyarakat sekitar,  air gua Pancur dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, membuat cantik, cepat dapat jodoh dan juga bisa mendatangkan pengasihan. Oleh karena itu, ketertarikan berkunjung ke gua Pancur  bukan hanya menikmati keindahan alamnya, namun juga ada sisi lain yang bisa dinikmati.

“Pada tanggal 1 Suro, biasanya panjang pengunjung ke gua Pancur.  Biasanya mereka ingin mencari pengasihan, mitos yang dipercaya masyarakat seperti itu,” beber Habib.

Panjang kedalaman gua Pancur diperkirakan 800 meter hingga 1 km. Selain bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam ritual untuk berbagai jenis kepentingan, keindahan didalam gua Pancur juga wajib untuk dieksplor  karena ada jenis batu yang juga punya mitos tertentu. Namun demikian  mitos dan kepercayaan tersebut akan kembali ke anda  mau percaya atau tidak.












Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar