Pati Masih Aman,,,Tapi Waspada Beras Oplosan Sintetis

(Jateng Headline - PATI) Isu beredarnya beras sintetis berbahan plastik yang membuat resah pedagang dan masyarakat Pati, Jawa Tengah, akhirnya mendapat tanggapan positif.  Hari Jumat (22/5/2015), tim gabungan  dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan  dan tim dari Polres Pati  melakukan sidak di empat lokasi sebagai sentra distribusi beras.
 
Menurut Ketua Tim Gabungan, Sutikno Edi, keempat titik tersebut 3 diantaranya adalah gudang distributor beras di Desa Blaru, dan satu titik di Pasar Sleko Kota Pati.

“Modusnya adalah mencampur beras sintetis tersebut dengan beras asli. Jadi kita berharap masyarakat untuk lebih hati-hati,” ungkap Sutikno Edi, saat melakukan sidak di Pasar Sleko Kota Pati.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada sejumlah pedagang untuk lebih waspada dalam mendatangkan beras dari rekanan. Edi meminta pada pedagang untuk mengecek terebih dahulu sebelum dijual kepada masyarakat. 

“Meskipun saat ini di Pati bisa dikatakan masih aman karena di Pati rata-rata distributor yang kami sidak mengambil beras dari sentra-sentra produksi beras lokal. Namun, jika sampai diketahui ada yang menjual beras palsu, yang jelas akan berurusan dengan hukum,” tegas Edi. 

Sebenarnya untuk mengetahui beras tersebut asli atau tidak, lanjut Edi, bila direndam kalau yang palsu pasti akan mengambang karena terbuat dari plastik.

“Selain itu, secara kasat mata beras palsu terlihat lebih bening dan mulus. Namun jika yang asli meskipun sama-sama bening namun ada unsur warna putih susu,” tambah Kasi Perdagangan Disperindag Pati tersebut.

Ia menambahkan, jika nantinya sudah melalui proses pemasakan kalau beras palsu akan lebih lengket karena berbahan dasar plastik dan ada bau sengir. Dan akan lebih berbahaya apabila beras tersebut sampai dimakan, maka dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit.

“Intinya kami berharap kepada masyarakat untuk menjadi pembeli yang cerdas,” harapnya sebelum mengakhiri sidak.
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar