Penyeberangan Sampang Panen Rejeki Tapi Membahayakan


(Jateng Headline - PATI) Pembangunan jembatan gantung di dukuh Sampang, Desa Tondomulyo,  Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati,  Jawa Tengah,  menjadi jembatan permanen dengan dana  APBD 17,1 milyar rupiah,membawa rejeki bagi masyarakat sekitar. Rejeki tersebut  hasil dari jasa penyeberangan oleh nelayan yang beralih profesi.  Hal itu dikarenakan, akses jembatan tersebut  merupakan jalan alternatif terdekat. 

Salah satu nelayan bernama Zaenuri mengungkapkan bahwa jalan ini merupakan akses satu-satunya yang terdekat menuju ke Jakenan. Kalau tidak lewat jalan tersebut, maka harus memutar lewat Juwana.

“Kalau memutar tentu akan sangat jauh, ya memang lewat sini yang terdekat jika mau ke Jakenan atau Winong,” jelasnya.

Jembatan gantung Sampang memang  menjadi penghubung menuju kecamatan Jaken, Jakenan, Gabus, Winong Dan  Pucakwangi  ataupun sebaliknya.  Dikarenakan kebutuhan jalan alternatif yang mendesak,  selain usia jembatan gantung yang membahayakan  maka Pemkab Pati menganggarkan untuk pembangunan jembatan.  Jalan alternatif terdekat satu-satunya,  membuat masyarakat tetap melewati jalan tersebut  walaupun harus dengan perahu penyeberangan.  

“Alternatif jalan yang terdekat memang lewat Sampang, sebelum jembatan jadi ya tidak masalah pakai perahu penyeberangan ini,” terang Simon, warga Winong.

Potensi yang ada pun  dimanfaatkan oleh nelayan di sekitar jembatan dengan menyediakan jasa penyeberangan. Ternyata jasa peneyeberangan  mendapat tanggapan positif masyarakat. Dengan membayar Rp. 2000, dalam sehari para nelayan tersebut  bahkan memperoleh penghasilan sekitar Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu, bahkan lebih hingga jutaan rupiah. 



Panjang jembatan atau lebar sungai  yang sekitar 100 meter lebih  membuat jasa  penyeberangan memang menjadi ramai. Dikarenakan  penyeberangan juga tidak memakan waktu lama. Namun demikian,   jika kondisi arus sungai semakin besar,  maka juga membahayakan. Sampai saat ini,  masyarakat belum memikirkan bahaya saat menyeberang dengan perahu  walau dengan ongkos yang murah.



 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar