Polemik ,,, Demo Pro Semen Memang Disetting ?

(Jateng Headline – PATI) Polemik mengenai pendirian pabrik semen di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terus berlanjut.  Dan akhirnya menimbulkan persepsi yang berbeda diantara kubu yang pro dan kontra pendirian pabrik semen. 

Pada waktu lalu, massa yang menamakan dirinya Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) sempat berunjuk rasa menanyakan  naskah ilmiah sidang amdal, dikarenakan Bupati Pati mengeluarkan surat ijin lingkungan.  Dan menurut JMPPK, Bupati Pati menyalahi aturan dan membohongi masyarakat Kendeng.

Kini, giliran masyarakat yang pro pendirian pabrik semen mendatangi Pemkab Pati dengan mendukung Bupati Pati Haryanto mengeluarkan ijin lingkungan pendirian pabrik semen untuk PT. SMS, Kamis (28/5/2015)
 
Aksi massa yang diperkirakan hanya sekitar 150 orang ini, merupakan  gabungan sekitar 16 LSM dalam jaringan kerja LSM Kabupaten Pati di bawah komando LSM HIPSI.  Mereka  menggelar orasi dan audiensi  di halaman Kantor Bupati Pati .

Perwakilan dari massa demo pro semen meminta untuk bertemu dengan  Asisten II bidang perekonomian Pemkab Pati dengan  menyampaikan tuntutan supaya Pemkab Pati menjalankan terus  proses rencana pendirian pabrik semen di kawasan Pegunungan Kendeng Utara. 

Mereka beranggapan bahwa apa yang dilakukan  oleh Pemkab Pati   sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur .  Dan massa menganggap bahwa adanya pabrik semen nantinya akan bisa memberikan  dampak positif  untuk masyarakat Pati.

Di sisi lain, Kuswanto, salah satu warga yang berada di alun-alun Pati, membisikkan sesuatu bahwa demo pro semen ini memang sudah direncanakan.  Dan ada isu dari beberapa massa pendemo, bahwa demo kali ini adalah aksi demo bayaran. 

“Ya,  kami dijanjikan dapat uang Rp. 250.000,-  per orang,” beber salah satu pendemo yang tidak mau disebut namanya.

Hingga saat ini, pendirian pabrik semen tetap menjadi polemik  berkepanjangan yang harus melalui sidang PTUN.  Sidang PTUN pun sudah memasuki sidang yang kedelapan dan belum ada keputusan resmi tentang pendirian pabrik semen di Kabupaten Pati.



Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar