Usaha Kecil Di Pati Perlu Perhatian Dari Pemerintah

(Jateng Headline - PATI) Banyaknya pelaku usaha, terutama untuk usaha kecil sangat mengeluhkan minimnya perhatian dari pemerintah. Timbulnya kecemburuan, karena seringnya pemerintah memperhatikan  pelaku usaha yang sudah mapan membuat usaha kecil semakin merana. Tidaklah mengherankan jika permasalahan permodalan menjadi kendala  utama pelaku usaha kecil di Kabupaten Pati.
Permasalahan yang hingga kini belum terselesaikan untuk usaha kecil, adalah perhatian dari pemerintah. Perhatian pemerintah dinilai sangat minim oleh pelaku usaha kecil. Minimnya perhatian tersebut, menimbulkan rasa skeptis dan apatis pada pemerintah. Banyak pelaku usaha yang memang dengan kegigihan dan kesabaran, bisa sukses tanpa perhatian dari pemerintah. Namun demikian,  perbandingan diantara yang sukses dengan yang tidak, masih memunculkan ketimpangan yang tajam.
Kendala permodalan, peralatan dan harga masih menjadi menu utama pelaku usaha kecil. Di kala pengusaha kecil ingin menaikkan produksinya, maka permodalan menjadi benturan utamanya.  Selain itu, kenaikan produksi juga harus ditunjang dengan peralatan. Dengan peralatan ini maka efisiensi waktu produksi menjadi semakin cepat. Dan ketika produksi meningkat yang menjadi kendala adalah tidak adanya standarisasi harga dari pemerintah, sehingga usaha kecil dipermainkan harga tengkulak.
Salah satu pelaku usaha untuk ukm adalah Suharno yang mempunyai usaha produksi kopi.  “Kami sangat butuh perhatian pemerintah untuk masalah permodalan, peralatan dan harga jual. Selama ini kami tidak pernah mendapatkan perhatian, sebenarnya kami juga membutuhkan pelatihan-pelatihan ukm, tpi mana tidak pernah sama sekali’’ ungkap Suharno.
Selanjutnya, Suharno berharap adanya perhatian serius dari pemerintah pada pengusaha kecil seperti dia. Dengan demikian, maka kelangsungan hidup usaha kecil di Kabupaten Pati bisa  semakin meningkat.


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar