Warga Kendeng Merasa Dibohongi Terkait Naskah Amdal Pabrik Semen


(Jateng Headline - PATI) Akibat dikeluarkannya ijin lingkungan oleh Bupati Pati, untuk PT. Sahabat Mulia Sakti (SMS) pada tanggal 8 desember 2014 yang lalu, dengan izin nomor 660.1/.767 tahun 2014  membuat masyarakat yang ada di kawasan pegunungan Kendeng Utara  memprotes dengan mendatangi kantor Pemkab Pati dan DPRD Pati,  Rabu (13/5).

Mereka tergabung dalam JMPPK (Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng) ada sekitar 1000 massa yang berunjuk rasa

“Kami menuntut agar ditunjukkan naskah akademik terkait Amdal pabrik semen.  Dikarenakan, pada pada sidang amdal disebutkan bahwa 67 persen menolak, 13 persen setuju  dan 20 persen tidak tahu. Namun demikian, Bupati Pati justru mengeluarkan ijin lingkungan pada bulan Desember 2014 lalu,” terang Karsono, Korlap JMPPK.

Warga beranggapan bahwa  ijin tersebut bertolak belakang dengan sidang amdal. Warga Kendeng pun  akhirnya mengajukan gugatan ke PTUN terkait dikeluarkannya ijin lingkungan. Sampai saat ini, sudah 7 kali sidang di PTUN  dilangsungkan dan belum ada keputusan.

“Kami akan tetap menagih dan menuntut naskah akademik, dikarenakan Kuasa Hukum Bupati minta tenggang waktu 2 minggu. Hal itu dia katakana pada saat siding PTUN. Jadi nanti tanggal 19 Mei kami akan menagih janji tersebut,” tegas Karsono.

Perwakilan warga Kendeng juga melakukan audiensi dengan DPRD Pati, untuk mempertanyakan kejelasan naskah sidang amdal. Namun demikian, masih seperti audiensi sebelumnya, mereka tetap belum menemukan titik terang soal naskah tersebut.

Warga Kendeng merasa dipermainkan oleh Pemkab Pati. Jelas dalam sidang amdal, prosentase terbanyak adalah menolak adanya pabrik semen, namun warga bersikukuh bahwa mereka telah dibohongi oleh Pemkab Pati. Jika tuntutan mereka belum dipenuhi, maka mereka tetap akan melakukan aksi unjuk rasa, untuk menuntut ditunjukkannya naskah akademik sidang amdal.

 



 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar