20 Wisata di Jawa Tengah Menarik Dikunjungi

(Jateng Headline) Provinsi Jawa Tengah sebenarnya ada banyak tempat wisata, baik wisata alam, pantai, religi, sejarah dan sebagainya.  Tempat wisata yang tersebar di seluruh Kabupaten/kota di Jawa Tengah, mungkin bisa menjadi referensi yang bisa anda kunjungi jika ke Jawa Tengah. Berikut ada 20 tempat wisata yang menarik dan sensasional jika anda berkunjung ke sana.
1. Taman Nasional Karimun Jawa di Jepara
Taman Nasional Karimun Jawa  83 km  ke arah barat laut  dari Jepara. Taman Nasional Karimun Jawa  merupakan  cagar alam laut yang dilindungi. Menjadi destinasi wisata Jepara yang sangat terkenal.  Wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan bisa ditemukan di Karimun Jawa.
2. Candi Borobudur di Magelang
Telah dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan menjadi destinasi wisata di Indonesia.  Candi Borobudur  begitu mudah dijangkau, baik dengan kendaraan kecil maupun besar.   Situs yang sangat unik dengan keindahan panorama yang menawan, struktur bangunan yang mengagumkan, serta nilai seni yang tinggi. Tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah salah satu landmark Magelang paling populer di dunia,
3. Ketep Pass di Magelang
Pemandangan gunung dan bukit yang begitu indahnya dan tak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik. Dari Ketep Pass,  bisa menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.
4. Rafting di Sungai Progo Atas Magelang
Tempat berarung jeram yang populer di Jawa Tengah. Dengan aliran sungai sepanjang 12 kilometer, kegiatan rafting di Sungai Progo Atas akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.
5. Baturaden di Banyumas
Baturaden berada  di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal dengan  pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Di kawasan wisata ini pula, bisa  menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.
6. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo
Wisata Dieng adalah pemandangan alam dengan udara berhawa dingin, dengan banyak kawah yang memikat pesonanya.  Selain itu, ada beberapa candi yang menarik untuk dilihat.  Salah satu pesona alam paling memikat yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Terletak 30 km dari pusat Wonosobo, berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, objek wisata di Jawa Tengah ini terkenal pula dengan julukan “tempat persemayaman para dewa dewi”.
7. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa merupakan wisata peninggalan sejarah, dikarenakan bisa menikmati pemandangan alam yang menarik dengan menaiki kereta uap jaman Belanda.  Salah satu tempat menarik di Jawa Tengah, kurang lebih  30 menit dari Semarang, maka akan  tiba di Ambarawa. Di sinilah tempat yang paling tepat untuk merasakan kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya.
8. Taman Wisata Air Panas Guci
Taman Wisata Air Panas Guci berlokasi di Tegal berada di kaki Gunung Slamet.   Berjarak tempuh sektiar 40 KM dari kota Tegal, atau sekitar 30 KM dari Slawi. Seperti halnya tempat wisata air panas alami yang lain, air panas di Taman Wisata Air Panas Guci ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Fasilitas wisata yang terdapat di kawasan wisata seluas 210 hektar ini yaitu kolam renang air panas, wisata hutan, penginapan, perkemahan, sampai dengan lapangan tenis dan lapangan sepak bola.
9. Grojogan Sewu Tawangmangu
Air terjun  yang berada di lereng Gunung Lawu yang lumayan besar dan memiliki debit air yang tinggi. Grojogan Sewu merupakan tempat wisata yang terdapat di Tawangmangu, Karanganyar. Pada musim liburan, tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari segala penjuru tanah air.  Dapat menikmati pemandangan alam yang masih hijau dan asri dan dilengkapi oleh kera-kera yang masih liar dan banyak terdapat di lokasi wisata.
10. Bandungan
Berada di Gunung Ungaran, wisata Bandungan merupakan sebuah objek wisata pegunungan yang terdapat di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan selama 1 jam di sebelah selatan Semarang atau sekitar 20 menit dari Ungaran, atau sekitar 15 menit dari Ambarawa melalui jalur pegunungan.
11. Air Terjun Montel
Air Terjun Montel berdekatan dengan  Makam Sunan Muria, tepatnya disebelah utaranya.  Berada di kaki  Pegunungan Muria  memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan suhu sekitar berkisar 18-20 derajat Celsius.  Di wilayah ini juga terdapat Air Terjun Gonggomino yang dapat dicapai dengan berjalan kaki menyusuri sebuah sungai yang terdapat  di kawasan di Rejenu.
12. Gua Jatijajar
Gua Jatijajar adalah sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah, yang terletak di Kabupaten Kebumen.  Gua yang keseluruhannya terbentuk dari kapur, ini memiliki panjang 250 meter, dari pintu masuk sampai keluar dengan.lebar rata-rata 15 meter, dan tinggi rata-rata 12 meter. Lokasi gua ini berada 50 meter di atas permukaan laut. Gua Jatijajar merupakan salah satu objek pariwisata andalan di Kabupaten Kebumen.
13.Wisata Umbul Sidomukti
Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam.
14. Candi Gedongsongo
Berdekatan dengan wisata Bandungan, maka bisa langsung berkunjung ke Candi Gedongsongo.  Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Kabut tipis turun dari atas gunung sering muncul mengakibatkan mata tidak dapat memandang Candi Gedongsongo dari kejauhan. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.
15. Gua Pancur
Gua Pancur adalah sebuah gua besar dan panjang yang di dalamnya terdapat air setinggi orang dewasa.  Panjangnya mencapai kurang lebih hingga mencapai  satu km.  Gua yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen  Kabupaten Pati ini pernah pernah menjadi ajang digelarnya Raimuna Daerah Gerakan Pramuka se-Jawa Tengah pada tahun 1996. Wisata gua Pancur sangat mendapat tempat dihati para penjelajah gua untuk wisata susur gua.
16. Waduk Gunungrowo
Waduk Gunung Rowo merupakan sebuah waduk yang terletak di desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong. Waduk ini terletak di lembah di antara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria  sebelah timur. Luas areal area waduknya sekitar +320 Ha. Selain menikmati sejuknya udara Pegunungan Muria, maka bisa juga menikmati ikan bakar di saung yang ada di pinggir waduk Gunungrowo.
17. Air Terjun Curug Sewu
Curug Sewu terletak di Patean, Kendal dan merupakan  air terjun tingkat tiga dengan ketinggian sekitar 80m.  Berjarak 40 kilometer dari kota Kendal dengan terlebih dahulu melewati kota Weleri dan Sukorejo.  Air terjun Curug Sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona.
18. Telaga Warna
Telaga Warna  adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo.   Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah.  Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung  sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni.  Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna. 
19. Candi Prambanan
Candi ini adalah termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.  Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten,  kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya  Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang.  
20. Kopeng
Obyek Wisata Kopeng, dengan nuansa alami dengan pemandangan yang indah berhawa sejuk di antara Kota Salatiga dan kota Magelang.  Berada di ketinggian 1500 Mdpl dibawah kaki gunung Merbabu, mudah dijangkau dari arah Semarang melewati jalan Tol bawen, mudah dijangkau dari arah Yogya & Solo.  Pasar buah dan sayuran segar. Kopeng adalah kesejukan dan kemurnian alam yang tak terbantahkan.

















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar