Bulog Percepat Penyaluran Raskin Agar Harga Beras Stabil

(Jateng Headline - PATI) Guna antisipasi terjadinya  inflasi selama Ramadhan dan jelang lebaran, Bulog Sub-Divisi Regional (Divre) II Pati mempercepat penyaluran beras miskin (raskin) bagi warga miskin. Sedikitnya 11.200 ton beras telah dipersiapkan oleh pihak bulog, guna kebutuhan raskin di Bulan Juli dan Agustus. 

Selain itu, setiap harinya 50 lebih armada truk juga sudah dipersiapkan, agar distribusi dapat berjalan lancar.
 
“Rencananya, penyaluran beras raskin untuk alokasi bulan Juli, akan dilaksanakan pada Juni ini. Untuk hari ini (Senin, 22/6) untuk Kabupaten Rembang sudah mulai didistribusikan,” terang Kepala Bulog Subdivre II Pati, Khozin.

Sedangkan untuk daerah lain di Karisidenan Pati, lanjut Khozin, seperti Kabupaten Kudus dan Jepara akan disalurkan mulai 24 Juli nanti. Dilanjutkan Kabupaten Blora sehari setelahnya, yakni 25 Juli. 

“Dan untuk Kabupaten Pati, kita targetkan pada 1 Juli mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, untuk alokasi Bulan Agustus, Bulog menargetkan penyaluran akan selesai sepekan sebelum lebaran. Langkah ini diambil oleh bulog, guna menekan tingginya harga beras dipasaran.

“Yang pasti langkah mempercepat penyaluran beras raskin kita tempuh untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan inflasi,” terangnya.

Percepatan penyaluran raskin ini, menurut Khozin, sangat efektif untuk menekan tingginya harga, karena jumlah beras yang disalurkan ke masyarakat dalam jumlah yang sangat tinggi.

“Alokasi raskin untuk Bulan Juli masing-masing daerah berbeda. Untuk Kudus akan kita salurkan 1.544 ton , Jepara sebanyak 1.283 ton, Rembang sebanyak 1.035 ton, Blora 1.086 ton dan terbanyak Pati dengan alokasi 1.609 ton. Jadi total raskin yang akan kita distribusikan untuk Juli sejumlah 5.560 ton,” papar Khozin usai meninjau Gudang Bulog di Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo, kemarin. 

Khozim menambahkan, selain penyaluran raskin, pihaknya juga siap dengan operasi pasar, jika harga beras terus mengalami gejolak menjelang lebaran nanti. Terlebih saat ini, Bulog Subdrive II Pati masih memiliki cadangan beras mencapai 31.700 ton.

“Dan stok itu, masih aman untuk 6 bulan kedepan. Intinya selama Ramadhan ini kita akan dorong semua daerah untuk memperceat penyaluran raskin,” pungkasnya.
Kuli panggul beras saat menumpuk beras di Gudang Bulog Subdivre Pati di Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar