Desa Babalan Jadi Rekomendasi Pelatihan Tyto Alba Di Jateng

(Jateng Headline – PATI) Target swasembada pangan di Indonesia  menjadi sebuah hal yang dilematis. Banyak hal mempengaruhi  keberhasilan target tersebut. Banyak permasalahan masih dihadapi  untuk menuju target swasembada pangan di Indonesia. Permasalahan yang pelik  terutama di tingkat petani,  dari permasalahan  pupuk,  obat-obatan maupun tata niaga hasil pertanian, petani selalu menjadi tumpuan permasalahan.


Dan  ketika  petani dipusingkan dengan permasalahan hama ataupun penyakit,  sampai kini pun belum terselesaikan juga.  Salah satunya adalah hama tikus yang sering merusak dan menghancurkan padi petani. 

Salah satu desa yang berhasil mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang alami adalah Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati,Jawa Tengah. Desa babalan  sekarang ini berhasil meminimalisir ancaman tikus dengan tyto alba  atau yang lebih dikenal dengan burung hantu. 

“Desa babalan menjadi desa rujukan atau desa referensi  untuk penanggulangan hama tikus di Jawa Tengah.  Di desa Babalan sudah dikembangkan burung hantu ini, sehingga peserta pelatihan bisa mempelajarinya,” jelas Ir. Wrin Driatmono dari Balai Tanaman Pangan Dan Hortikultura,  Dinas Pertanian Jawa Tengah, Kamis (11/6/2015).
Sebanyak 35 peserta dari perwakilan berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah  mengikuti pelatihan tyto alba yang dipusatkan di Balai Desa Babalan. Dalam pelatihan tersebut  selain diberikan materi secara teoritis juga para peserta diajak langsung ke penangkaran tyto alba  sebagai pemangsa hama tikus.


“Para peserta pelatihan ini, selain diberikan materi teori juga akan diberikan praktek penangkaran tyto alba.  Sehingga, sehabis pelatihan bisa diterapkan di daerahnya masing-masing,” papar Wrin Driatmono.
Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari sampai hari Sabtu besok  diharapkan peserta dengan pengalaman yang dimiliki,  maka pengembangan di kabupaten maupun kota di Jawa Tengah bisa meminimalisir hama tikus.
Terlalu seringnya petani merugi akibat hama tikus  memang harus dicarikan solusi terbaik  seperti pelatihan tyto laba di Desa Babalan ini.
Peserta Pelatihan tyto alba dari 35 petani perwakilan kab/kota di Jateng tengah mengunjungi penangkaran tyto alab, di Desa Babalan.
 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar