Jelang Ramadhan Harga Beras Melonjak

(Jateng Headline - PATI)  Harga beras di pasaran,  jelang bulan suci Ramadhan ini, mulai  berangsur naik. Seperti harga berbagai jenis beras di Pasar Sleko, Pati yang mengalami kenaikan bervariasi dari Rp 300-Rp 1.000.

Menurut Sri Harni, salah satu pedagang beras di salah satu pasar beras terbesar di Kota Pati tersebut, kenaikan harga beras sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

“Isu beras plastik memang berpengaruh dengan menurunnya pengiriman beras ke berbagai daerah. Namun, secara umum harga semua jenis beras disini mengalami kenaikan,” jelas wanita berusia 52 tahun itu.

Sebut saja, beras jenis IR 64 kwalitas super satu yang saat ini harganya sudah naik menjadi Rp 8.500 dari harga sebelumnya yang hanya Rp 8.200. Bahkan Harni juga memprediksi memasuki bulan puasa nanti harganya bisa mencapai Rp 9.200.

“Harga yang super dua juga mengalami kenaikan dari Rp 7.800 kini menjadi Rp 8.200. Dan puasa nanti bisa mencapai Rp 9.000. Begitu juga beras IR 64 kwalitas super tiga yang kini sudah mencapai Rp 8.000 yang mengalami kenaikan Rp 400 dari pekan sebelumnya. Prediksi saya puasa nanti juga bisa mencapai Rp 8.800,” jelas Harni sambil memegangi beras dagangannya.

Tidak hanya beras IR 64, masih jelas Harni, kenaikan juga dialami beras Ciherang yang saat ini mencapai harga Rp 7.500 dari harga sebelumnya Rp 6.800. Sedangkan beras yang akan disetor ke Bulog harganya tetap Rp 6.500.

“Kenaikan drastis justru dialami beras sumbangan dari orang punya hajatan yang naik Rp 1.000. Sebelum ada isu beras plastik harganya Rp 5.600, namun kini mencapai Rp. 6.600,” terangnya.
 
Sementara itu menanggapi tren kenaikan harga beras jelang Bulan Ramadhan ini, Kepala Bulog Sub-Divre II Pati, Khozin menyatakan akan melihat kondisi harga dipasaran terlebih dahulu. Jika memang diperlukan, pihaknya juga akan melakukan operasi pasar.

“Untuk menekan kenaikan harga beras, tiap bulan puasa biasanya memang kita adakan operasi pasar di sejumlah titik. Seperti di Pasar Sleko, Pasar Puri, dan beberapa pasar di tiap kecamatan,” ungkapnya.
Harga beras di Pasar Sleko, Pati mulai mengalami kenaikan jelang Ramadhan tahun 2015













 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar