Kementerian Pertanian Dorong Naiknya Harga Kedelai

(Jateng Headline – PATI)   Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan saat ini berusaha mendorong swasembada pangan di Indonesia.  Salah satu tanaman pangan yang berusaha didorong agar bisa mencapai target swasembada adalah kedelai.

Hal itu diungkapkan oleh Ir. Riani Dwi Astuti,  Kasubdit Aneka Kacang Dirjen Tanaman Pangan kementerian Pertanian, pada gerakan menanam kedelai yang dipusatkan di Desa Tanjang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (8/6/2015).

“Kementerian Pertanian saat ini berusaha memaksimalkan teknologi pertanian yang digunakan oleh petani.  Selama ini, petani masih punya kecenderungan memakai teknologi tradisional. Sehingga optimalisasi hasil produksi pertanian masih cenderung rendah,” jelasnya.

Selain itu, Kementerian Pertanian juga akan berusaha menaikkan harga kedelai yang masih dibawah harga rata-rata.  Harga kedelai dari petani saat ini hanya Rp. 7.700,- / kg dan itu dinilai masih sangat rendah. 

“Kami sedang berusaha menaikkan harga kedelai dari petani pada saat ini.  Harga Rp.7.700,- sangatlah rendah.  Kami ingin harga kedelai bisa mencapai harga standart, menjadi Rp. 8.400,- sehingga ada kestabilan harga kedelai,” papar Riani. 

Kestabilan harga kedelai di tingkat petani inilah sebisa mungkin akan didorong oleh Kementerian Pertanian.  Petani kedelai saat ini, dinilai sangat merugi dengan harga dibawah standart.  Dengan harga yang relatif  stabil, maka tingkat daya beli pun akan meningkat.

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar