Payah,,,Sejumlah Sekolah di Tayu Bingung Bagikan Tabungan Siswa

(Jateng Headline - PATI) Akibat bangkrut atau kolabnya koperasi tempat menyimpan tabungan, 5 sekolah di Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah harus kebingungan.  Dikarenakan menjelang akhir tahun ajaran,  sekolah tersebut harus membagikan tabungan siswanya.
 
Dari data yang berhasil dihimpun, ada dua koperasi sebagai tempat penyimpanan uang tabungan siswanya. Koperasi tersebut adalah Koperasi 21 dan Santosa Jaya.  Kedua koperasi simpan pinjam yang menjalankan usahanya di Kecamatan Tayu, dan saat ini disinyalir hampir bangkrut.

“Yang saya tahu ada lima sekolah yang saat ini terkena imbas akibat bangkrutnya beberapa koperasi. Yakni MTs. PIA Tayu, SDN 1 dan 2 Sambiroto, SDN 1 Tayu Wetan, serta TK Nurul Huda Sambiroto,” tutur Hasan Furqoni, Direktur LSM Peduli Desa, Kamis (11/6/2015).

Jumlah tabungannya bervariasi antara  Rp 1 juta bahkan ada yang mencapai Rp 10 juta per siswa. Dari lima sekolah itu baru TK Nurul Huda Sambiroto yang mengembalikan tabungan milik siswa. Saat ini, sejumlah sekolah yang terkena imbas akibat bangkrutnya sejumlah koperasi tersebut, berjanji akan mengembalikan uang tabungan siswa tersebut sebelum lebaran tahun ini.

“Kemarin kami wali murid sudah dikumpulkan pihak sekolah. Dan rencananya tanggal 17 Juni nanti juga akan ada yaitu pengembalian uang tabungan secara bertahap,” bebernya.

Sementara itu, Santoso  pemilik Koperasi Santoso Jaya, Santoso, saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, bangkrutnya beberapa koperasi di Kecamatan Tayu akibat kredit macet dari sejumlah pedagang di Pasar Tayu yang mengalami kebakaran akhir Januari 2015 lalu.

“Bahkan saya terpaksa menjual rumah dan sawah untuk menutup dana milik nasabah. Untuk dana dari sekolah tetap akan kami prioritaskan pengembaliannya. Dan semoga Desember 2015 ini sudah bisa terbayar,” jelasnya saat dikonfirmasi via seluler.
Hingga saat ini, beberapa pihak sekolah yang diduga sedang menghadapi masalah dengan uang tabungan siswa tersebut, masih enggan memberikan konfirmasi.
Salah satu sekolah yang kebingungan membagikan tabungan siswanya, akibat bangkrutnya koperasi tempat menyimpan tabungan

















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar