Pemkab Pati Belum Tangani Sedimentasi Muara Puncel

(Jateng Headline – PATI)  Nelayang Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengeluhkan sulitnya jalur melaut dari sungai Sompok.  Nelayan yang biasanya menambatkan di alur sungai tersebut, merasa kesulitan jalur dikarenakan  terjadinya sedimentasi di muara Puncel.   Pendangkalan muara Puncel, sampai kini belum ditangani oleh Pemkab Pati.  

Pengerukan pasir laut yang masuk muara hanya menyelesaikan masalah tersebut untuk sementara waktu.  Usulan tersebut telah lama disampaikan kepada Pemkab Pati dan dijanjikan akan ditindaklanjuti. Hanya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda segera direalisasi.  Akibatnya, banyak nelayan yang perahunya kandas dijalur tersebut.

Sumarlan, tokoh masyarakat Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, menuturkan bahwa,"Kalau hanya pengerukan pasir dan sedimentasi tidak menyelesaikan masalah. Perlu bangunan penahan pasir dengan menggunakan bis beton atau konstruksi lain," tuturnya.
Menurut Sumarlan, diperlukan  kerja ektra berat untuk melaut karena harus menarik perahu untuk bisa melewati muara. Sehingga perlu  waktu dan tenaga. Selain muara, Sumarlan juga mengusulkan agar jembatan yang menghubungkan Desa Puncel dengan Karangsari, Kecamatan Donorojo, Jepara diperbaiki dan ditingkatkan kapasitasnya.
“Jembatan gantung itu telah rusak dan perlu segera dibangun kembali yang lebih besar. Peningkatan kapasitas jembatan sangat diperlukan untuk lebih menggairahkan perekonomian masyarakat. Mengingat, jembatan itu mengarah ke TPI Puncel, "jelasnya.
Sumarlan yang juga perangkat desa itu, berharap pembuatan jembatan yang lebih besar di atas sungai Pasokan itu akan menjadikan aktivitas ekonomi masyarakat lebih meningkat. Usaha perdagangan maupun pengiriman hasil perikanan dari Puncel ke sebagian wilayah Jepara atau sebaliknya akan bisa lebih efisien.
















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar