Polres Pati : Hati-hati Jelang Lebaran Rawan Kejahatan

(Jateng Headline - PATI)  Kepolisian Resor (Polres) Pati melakukan pemetaan titik rawan kejahatan jelang bulan suci Ramadan hingga Hari Raya Lebaran. Sejumlah wilayah, khususnya Pati selatan menjadi titik rawan kejahatan yang harus diwaspadai.

“Kami sudah melakukan pemetaan untuk mencegah tindak kejahatan dengan kekerasan jelang lebaran ini. Dan pada jam-jam tertentu telah kami lakukan patroli aktif,” jelas Kapolres Pati, AKBP Setijo Nugroho melalui Kasatreskrim, AKP Agung Setyo.

Dikatakan Agung, sejumlah titik rawan tersebut didominasi wilayah di Pati selatan. Diantaranya Kecamatan Tambakromo, Pucakwangi, Jaken, Jakenan, Gabus dan Kayen. 

“Dan dua titik rawan di wilayah Pati utara yaitu Kecamatan Dukuhseti dan Tayu,” lanjutnya.

Jenis kejahatan yang kerap terjadi, lanjut Agung, diantaranya kejahatan jalanan, pencurian kendaraan bermotor, serta pencurian rumah kosong ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri.

“Personel serse sudah melakukan pemantauan lokasi-lokasi itu antara pukul 22.00 hingga menjelang sahur. Dari hasil patroli itu kemudian akan kami evaluasi apakah terjadi perubahan pemetaan,” ujar Agung.

Setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kabag Ops dan Shabara sebagai preventifnya. Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat agar mau membantu dengan mengaktifkan siskamling di pemukimannya.

Pada bulan Ramadhan, sambung Agung, biasanya para pelaku memanfaatkan waktu sahur dan shalat tarawih untuk beraksi. “Biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh para penjahat, pasalnya aktivitas masyarakat untuk keluar rumah lebih sering,” katanya.

Untuk meminalisir tindak kejahatan jelang lebaran ini, Agung juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan sekali-kali bepergian sendirian di waktu-waktu tertentu. “Utamanya waktu setelah berbuka puasa dan menjelang sahur, jika bepergian hindari jalan yang sepi. Dan usahakan bersama teman,” harapnya.
Kasatreskrim Polres Pati, AKP Agung Setyo saat memberikan keterangan pada wartawan


















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar