Anak-anak Usia Dini Juga Bisa Jadi Amil Zakat

(Jateng Headline - PATI)  Tidak banyak Lembaga Pendidikan atau pun sekolah yang mengajarkan teori dan praktek secara berimbang. Pendidikan anak usia dini ataupun diatasnya harus memang dimulai sejak dini untuk peka dengan kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya dengan mengajari anak-anak untuk terlibat langsung menjadi Amil Zakat dan membagikannya.   



Salah satu yang mengajari anak-anak dengan terlibat langsung dengan peduli sosial adalah Lembaga Pendidikan Alfa KidS, Desa Ngablak,  Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah,  dengan menerapkan teori dan praktek secara bersamaan.

Siswa siswinya diajari cara berorganisasi dengan menjadi Amil Zakat di sekolah tersebut. Layaknya menjadi amil zakat  anak-anak pun menerima pemberian zakat dari siswa yang lain dan mencatat serta menimbang zakat yang diberikan.

“Kami memang punya konsep untuk anak-ana agar bisa mempraktekkan dan menjalani sebagai Amil Zakat. Pembelajaran ini harus dumlia sejak dini,” jelas Abu Choir, Kepala Madrasah Alfa Kids.

Pemberian zakat yang diterima Amil Zakat pun ditimbang oleh anak-anak dengan seksama. Setelah ditimbang dan dikemas  anak-anak kemudian membuat peta distribusi zakat. Siapa saja yang akan menerima zakat   didata dan dipetakan oleh siswa siswi Alfa Kids. 

“Pengenalan pada anak-anak ini, selain sebagai praktek juga menumbuhkan kepedulian sosial pada anak-anak. Pendidikan dengan konsep pengembangan otak, fisik dan perasaan anak-anak harus ditumbuhkan mulai sejak dini,” tuturnya.

Setelah semuanya siap  anak-anak pun mendistribusikan zakat yang telah terkumpul. Para fakir miskin yang sudah terdata  akhirnya menerima zakat dari anak-anak secara langsung dikunjungi ke rumahnya.

Fakir miskin dan duafa yang dikunjungi anak-anak  merasa sangat senang. Dikarenakan  mereka merasa anak-anak juga peduli dengan dirinya. Para duafa pun  berterima kasih dan medoakan anak-anak yang terlibat langsung dengan pembagian zakat.

Anak-anak yang terlibat menjadi Amil Zakat pun merasa diberikan tanggung jawab sehingga pembelajaran ini juga membuat anak-anak menjadi senang dan bahagia.

“Senang sekali bisa memberikan zakat pada fakir miskin,” kata Mala ketika ditanya perasaannya menjadi Amil Zakat.

Kepala Sekolah Alfa Kids  merasa bangga dengan siswa siswinya yang ternyata bisa menjalankan praktek tersebut dengan baik.


Abu Choir  juga menambahkan  bahwa diharapkan konsep yang diterapkan bisa tetap dijalankan kedepannya menjadi lebih baik. Selain itu  diharapkan penanaman pembelajaran sejak dini tersebut  bisa direkam dan menjadikan anak-anak kedepan menjadi lebih baik.
Siswa-siswi Alfa Kids, Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak, Pati ketika menjadi Amil Zakat serta memberikan langsung zakat pada fakir miskin dan duafa.
 

















Lihat juga videonya : www.youtube.com/watch?v=VZjEd0JcYtc










 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar