Belum ada Bantuan Warga Sendangsoko Ambil Air ke Desa Tetangga

(Jateng Headline - PATI) Musim kemarau dan kekeringan selalu menjadi masalah bagi manusia dikarenakan air merupakan sumber utama penghidupan. Salah satu contohnya adalah warga desa Sendangsoko, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  harus rela mengambil air bersih untuk konsumsi setiap harinya dari tetangga desanya. 



Dikarenakan jika musim kemarau  sumur di desa tersebut mengalami kekeringan  dan jika pun masih ada airnya  rasanyapun asin. Oleh karena itu mereka rela mengambil air dari desa tetangga  yaitu desa Kedungmulyo. 

“Harus seperti ini, ngangsu, tidak ada air sama sekali. Sementara sumur kering dan walaupun ada airnya, rasanya pun asin,” jelas Legiman, salah satu pengambil air bersih warga Sendangsoko.

Sudah selama satu bulan  mereka mengambil air bersih yang berada di tengah sawah milik desa tetangga. Diperkirakan jarak yang harus ditempuh sekitar 2 hingga 3 km, itupun dalam sehari harus balik sebanyak 5 hingga 7 kali dalam satu hari. 

“Tergantung besarnya tandon air, jika sudah penuh tidak balik lagi. Harus disempatkan setiap harinya mengambil ke sini,” bebernya.

Mereka pun beralasan  bahwa mengambil air masih bisa ditekan biayanya jika dibandingkan dengan membeli air bersih. Diperkirakan jika membeli air bersih mencapai harga 130 ribu per tangkinya  itupun habis hanya satu minggu.

“Membeli air bersih harganya Rp.130.000,- per tangkinya, kira-kira 4000 liter. Untuk kehidupan setiap hari masak, MCK, mungkin bisa satu minggu habis.  Tapi jika mengambil seperti ini, kan lebih murah, habis dibensin saja,” terangnya.

Legiman juga menambahkan bahwa  di desanya hingga saat ini belum memperoleh bantuan air bersih.  Namun demikian,  jika dirinya menggantungkan bantuan air bersih maka kebutuhan air setiap harinya selalu mendesak tidak tercukupi.   Oleh karena itu  dia rela memakai sepeda motor untuk mengangkut dan mengambil air bersih di desa tetangga.

“Belum ada bantuan air bersih, padahal sudah satu bulan kami dan tetangga ngangsu ke desa tetangga ini.  Jika menggantungkan bantuan air bersih, kelamaan dan kebutuhan air selalu mendesak,” pungkas Legiman.
Warga desa Sendangsoko, Jakenan harus mengambil air bersih ke desa tetangga di Kedungmulyo karena belum mendapat bantuan air bersih.














   
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar