Belum Ada Pabrik Semen, Pati Sudah Terancam Kekeringan

(Jateng Headline - PATI)  Pabrik semen memang belum berdiri, namun ancaman kekeringan selalu berhubungan erat dengan Kabupaten Pati, terutama wilayah Pati selatan.  Pada bulan Juli 2015 ini, diperkirakan sudah memasuki musim kemarau, dan diprediksi akan berlangsung lama.  Salah satu daerah yang selalu terancam kekeringan adalah Kabupaten Pati dari 9 daerah di Jawa Tengah.  Diantara wilayah di Kabupaten Pati yang sering terancam kekeringan adalah Pati bagian selatan dan sebagian Pati utara.

Diperkirakan hingga saat ini, ada 99 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Pati, tengah terancam kekeringan dan krisis air bersih.  Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih maka dibutuhkan sekitar 4297 tangki air. Kebutuhan tersebut hanya bisa dimaksimalkan hingga empat bulan kedepan.

Pemkab Pati melalui  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, PMI, dan PDAM memberikan sumbangan air bersih ke desa-desa itu.  Seperti yang sudah dilakukan droping air bersih beberapa waktu lalu di Desa Triguno, Kecamatan Pucakwangi.

Hal itu dikatakan oleh Kepala BPBD Pati, Sanusi Siswoyo, “Kami sudah melakukan droping air bersih, salah satunya di Kecamatan Pucakwangi, di desa Triguno,” jelasnya.

Sebanyak empat tangki air bersih sudah didistribusikan pada warga Triguno untuk kebutuhan memasak, MCK dan sebagainya. Upaya tersebut merupakan kerjasama antara BPBD Pati dengan PMI, PDAM Pati. 

Sementara ketersediaan air bersih sangatlah minim, BPBD Pati saja hanya memiliki 315 tangki, sementara PMI 200 tangki dan PDAM sejumlah 80 tangki.  Artinya dengan demikian kekurangan pun masih terlalu banyak.
 
“Kami akan berupaya keras menyediakan kebutuhan air bersih selama kemarau panjang, untuk itu kami akan menggandeng pihak swasta agar kebutuhan  tersebut tercukupi,” bebernya.

Pemkab Pati  berencana akan mengajukan kera sama dengan pihak swasta, diantaranya adalah  perbankan.   Oleh Karena  itu, setiap desa diharapkan bisa melaporkan secara detail akan kebutuhan air bersih di setiap desa.
Kekeringan akibat musim kemarau selalu menjadi ancaman setiap tahunnya di Kabupaten Pati.


















  



Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar