Darurat Kekeringan SPI Minta Pemerintah Secepatnya Menangani

(Jateng Headline - PATI) Musim kemarau dengan potensi kekeringan membuat petani di Indonesia pun dibuat kelabakan. Fenomena kekeringan inipun mendapat respon positif dari Serikat Petani Indonesia (SPI).  Dan meminta pemerintah untuk secepatnya melakukan tindakan untuk mengatasi kekeringan ini. Dikarenakan  kekeringan untuk pertanian sudah masuk kategori darurat. 


“Kekeringan yang terjadi merupakan bencana, bukan siaga lagi namun masuk kategori darurat.  Jika dibiarkan maka yang terjadi adalah gagal panen,” jelas Edi Sutrisno, Ketua SPI Wilayah Jateng.

SPI menganggap bahwa kekeringan pertanian utamanya, juga termasuk bencana. Oleh karena itu  SPI meminta kepada pemerintah untuk secepatnya melakukan identifikasi dan menanggulangi kekeringan ini. 

“Berapa hektar sawah yang mengalami kekeringan hingga gagal panen, tanaman banyak yang layu kurang air.  Jika dibiarkan berlarut-larut, maka yang terjadi produksi pertanian akan merosot tajam,” bebernya.

Apalagi untuk di Jawa Tengah  diperkirakan 9 daerah terkena kekeringan setiap tahunnya  termasuk Kabupaten Pati. Dan  jika mengingat Kabupaten Pati sebagai daerah penyangga pangan di Jawa Tengah  maka solusi kekeringan harus segera dilakukan.

“Berapa hektar sawah yang mengalami kekeringan hingga gagal panen, tanaman banyak yang layu kurang air.  Jika dibiarkan berlarut-larut, maka yang terjadi produksi pertanian akan merosot tajam,” bebernya.

Jika tidak,  maka pemenuhan pangan terutama dari hasil pertanian  dipastikan akan mengalami penurunan drastis. SPI juga menyoroti ketahanan pangan dan target swasembada pangan pun akan menjadi impian belaka jika bencana kekeringan tidak segera diantisipasi. 

“Jika tidak tertangani maka target swasembada dan ketahanan pangan dipastikan akan mengalami kegagalan,” katanya.

Selain itu, kekeringan yang terjadi tidak dimanfaatkan dan dijadikan komoditas oleh pemerintah untuk melakukan impor pangan.



“SPI berharap dengan kekeringan ini, tidak dijadikan alasan pemerintah untuk melakukan impor bahan pangan. Jika ini dilakukan maka semakin terpuruk produksi pertanian di Indonenesia.

Selanjutnya Edi menambahkan  bahwa kekeringan harus menjadi bahan refleksi manusia dengan segala perlakuannya kepada alam. Oleh sebab itu menjaga dan  memelihara alam adalah bentuk tindakan untuk menjaga keseimbangan antara alam dengan penguninya.
Edi Sutrisno Ketua SPI Jateng meminta kekeringan segera diatasi oleh pemerintah.





















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar