Debit Air Waduk Seloromo Menyusut Cukup Untuk 16 Hari Kedepan

(Jateng Headline - PATI) Musim kemarau selalu menjadi ancaman di Kabupaten Pati,  Jawa Tengah. Kabupaten Pati pun masuk kategori 9 daerah di Jawa Tengah yang selalu mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih setiap musim kemarau. Pada tahun ini  kekeringan pertanian akan mengancam dikarenakan satu waduk tidak berfungsi dan satunya lagi mengalami penurunan debit air.


Musim kemarau dan kekeringan di Kabupaten Pati selalu menjadi permasalahan setiap tahunnya. Ada 99 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Pati sudah mengalami kesulitan air bersih. Belum lagi ditambah dengan kesulitan air untuk pengairan pertanian. Dua waduk di Kabupaten Pati,   waduk Seloromo dan waduk Gungrowo yang berada di kecamatan Gembong saat ini belum bisa mencukupi kebutuhan air untuk pengairan pertanian. 

Praktis, hanya waduk Seloromo saja yang bisa diandalkan. Saat ini  debit air di waduk Seloromo 1,2 juta meter kubik,  sedangkan pada saat normal debit air mencapai 9,5 juta meter kubik. Dengan luas waduk seloromo yang sekitar 100 hektar  kini air yang tersedia tinggal sepertiga dari kapasitas normal.

“Tinggal sepertiga persediaan air yang ada di Waduk Seloromo ini.  Sebatas ini masih cukup dan belum ada permintaan lebih dari petani,” jelas Susanto, penjaga waduk Seloromo. 

Air yang keluar dari waduk Seloromo sekitar 1200 liter per detik,  dikhawatirkan yang menggantungkan pengairan dari waduk Seloromo  akan terkurangi. Dengan air yang hanya tinggal sepertiga  diprediksi waduk Seloromo hanya bisa mengairi hingga 16 hari kedepan. 

“Kami perkirakan jika tidak ada penambahan air maka dipastikan ketersediaan air hanya bisa mencukupi hingga 16 hari kedepan saja,” bebernya.
Hal ini  tentu sangat riskan  jika tidak ada penanganan terkait permasalahan ini hal itu diungkapkan oleh penjaga waduk Seloromo.  


Dengan kapasitas air waduk Seloromo yang tinggal hanya untuk 16 hari kedepan tentu harus secepatnya dilakukan penanganan oleh pihak terkait di Pemkab Pati. Saat ini  keberadaan waduk Gunungrowo belum tertangani. Sehingga Waduk Gunungrowo pun kondisinya masih kering kerontang / tidak ada stok air. 

Kondisi waduk Seloromo di Gembong yang kondisi airnya tinggal untuk kebutuhan hingga 16 hari kedepan di musim kemarau tahun 2015.


















 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar