Komisi C DPRD Pati Soroti Jalan Alternatif Pati-Gembong

(Jateng Headline – PATI)  Jelang Lebaran  dimungkinkan akan bertambahnya volume kendaraan Jalur alternatif Pati-Kudus bagian utara masih belum sepenuhnya lancar untuk dilewati. Sebagian ruas jalan tersebut bahkan separonya tidak dapat digunakan lantaran terdapat tumpukan material.

Ruas Jalan Raya Pati-Gembong sepanjang sekitar 100 meter itu tengah dilengkapi drainase di sisi selatan. Kini pembagunan saluran air di sisi jalan yang turut Dukuh Serut, Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong tersebut masih berjalan.

Proyek baru akan selesai awal Agustus sehingga muncul kekhawatiran material yang menumpuk di separo badan jalan mengganggu arus lalu lintas. Dari pantauan di lapangan, kendaraan dari dua arah harus bergantian untuk melewati ruas jalan tersebut. Pasalnya, hanya satu lajur yang bisa digunakan sehingga tidak bisa simpangan.

Di luar itu, pegendara juga harus berhati-hati saat melintas di ruas jalan yang tidak jauh dari lokasi pembuatan drainase. Mengingat, banyak pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang menambal jalan. Tidak hanya menutup lubang jalan, ruas yang terlalu miring pun diratakan.

Ketua Komisi C DPRD Pati Awi mendesak pihak terkait untuk membereskan kendala itu. Apalagi, delapan hari lagi Lebaran tiba.

"Selain untuk kepentingan mudik, saat Lebaran jalur alternatif juga padat karena banyak warga bersilaturahmi. Jadi kalau separo jalan dibiarkan tetap tertutup maka akan mengganggu pengguna jalan," ujarnya disela-sela memantau jalur alternatif Pati-Kudus bagian utara.

Secara umum, Awi memandang kondisi infrastruktur, terutama jalan dan jembatan di Pati menjelang Lebaran relatif baik. Hanya, perlu perbaikan dan penataan pada lokasi yang rusak atau terganggu.

"Dengan infrastruktur dan sarana pendukungnya yang memadai serta pelayanan prima akan membuat masyarakat nyaman. Ini yang diharapkan semua pihak," tandasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum
(DPU) Ahmad Faisal mengungkapkan, proyek drainase pada Jalan Raya Pati-Gembong selesai awal Agustus. Namun, menjelang Lebaran pekerjaannya dihentikan.

"Kata pelaksananya, nanti H-2 material sudah bersih dari jalan. Setelah Lebaran pengerjaannya dilanjutkan kembali," katanya yang mendampingi Komisi C.

Dia menyatakan, saat ini pihaknya melakukan tambal sulam sejumlah ruas jalan. Selain Jalan Pati-Gembong yang merupakan jalur alternatif Pati-Kudus, sejumlah ruas lain yang ditambal antara lain, Jalan Guyangan-Margoyoso dan Katen-Tambakromo.

Lebih lanjut Faisal menjelaskan, tambal sulam di beberapa jalan itu rampung, kemarin. Selanjutnya di jalan lain yang masih membutuhkan perbaikan ringan," lanjutnya.

Material drainase menutup separo ruas Jalan Raya Pati-Gembong, menjadi sorotan Komisi C DPRD Pati. 




















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar