Ngabuburit,, Anak-Anak Diajari Bercocok Tanam

(Jateng Headline - PATI) Banyak cara dilakukan saat ngabuburit dalam menunggu waktu berbuka Puasa. Sambil memberikan pembelajaran bertani atau bercocok tanam, TK dan MI di Kabupaten Pati, Jawa Tengah,  ngabuburit sekaligus mengisi liburan yang menarik. Pengenalan sejak dini untuk mengenal alam dan bercocok tanam bawang merah organik  tentu sangat menarik bagi anak-anak.



Ngabuburit dan mengisi liburan bagi siswa-siswi di TK dan MI Alfa Kids  Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak  terasa berbeda. Mereka  berusia 4 hingga 5 tahun diajak bermain diarea kebun sekolah.  Sambil menunggu waktu berbuka puasa anak-anak ini diajari bagaimana cara menanam bawang merah.  Mulai dari mempersiapkan lahan  hingga cara menanam dan merawatnya.
 
“Anak-anak sebisa mungkin kami ajari bagaimana cara bercocok tanam, sejak dini,” jelas Abu Choir, Kepala Sekolah Alfa Kids.

Selain itu  anak-anak juga diberi edukasi tentang makanan yang berbahan dasar organik hingga pentingnya cara mengolah alam serta pemanfaatannya dengan baik. Keceriaan pun muncul di wajah-wajah anak-anak ini.  Mereka tampak antusias memperhatikan setiap penjelasan dari gurunya.

“Selain mengisi liburan, juga untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, agar anak-anak menyenangi alam dan ciptaan Tuhan,” paparnya.

Sementara salah satu orang tua murid  sangat mengapresiasi kegiatan yang dikonsep oleh sekolah tersebut,  sehingga dapat merangsang anak untuk dapat mencintai alam  dan terutama selalu ingat pada Tuhan Pencipta Alam.

“Tentu kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh manajemen Alfa Kids.  Anak-anak memang harus dikenalkan dengan alam dan cara memanfaatkannya,” terang Sutrisno, orang tua murid. 


Dari kegiatan ini diharapkan anak sejak usia dini dapat mengerti tentang pentingnya mengolah alam sehingga menghasilkan tanaman pangan yang sehat dan berkualitas baik 


Ngabuburit yang inspiratif  sekaligus mengisi liburan yang memiliki nilai edukasi dan menumbuhkan kecintaan anak pada alam  ternyata tidak harus mahal. Karena ternyata lahan sekitar  bisa menjadi pilihan  untuk kegiatan positif  sambil rekreasi sekaligus memberi ilmu yang bermanfaat  untuk pembelajaran anak sejak dini.
Siswa siswi Alfa Kids Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak mengisi liburan dan ngabuburit dengan diajari cara bercocok tanam bawang merah dengan gurunya.
   




















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar