Pendemo Tolak Semen Merasa Dibohongi Terus Oleh Pemkab Pati

(Jateng Headline - PATI) Pendirian pabrik semen di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kembali menuai protes pada Kamis (23/7/2015). Kali ini  demo penolakan pabrik semen bahkan lebih parah dan cenderung anarki dibanding demo-demo sebelumnya. Sejumlah fasilitas dirusak  seperti Posko Lebaran dan yang paling parah adalah memblokir jalur Pantura Pati.

Demo penolakan pabrik semen memang bukan kali saja terjadi. masyarakat Pegunungan Kendeng Utara tetap merasa dibohongi oleh Pemkab Pati terkait dikeluarkan Ijin Lingkungan untuk PT. SMS dan terkait dengan Dokumen Amdal yang menyatakan bahwa 60 persen lebih menolak.

Akibatnya pendemo pun kesal, akhirnya dengan sekitar 4000 massa  mereka memblokir jalur Pantura Pati. Aksi tersebut mengakibatkan lumpuhnya jalur yang menghubungkan Pati - Kudus atau sebaliknya Kudus menuju Pati.

“Hanya dengan cara seperti ini, kami ingin tetap menolak pendirian pabrik semen. Pemkab Pati melalui Bupati selalu membohongi kami, Bupati tidak pernah mau bertemu dan bicara baik-baik dengan kami,” tegas Madris, Koodinator lapangan (Korlap) demo penolakan semen.

Massa pendemo membakar ban bekas di jalan dan menutup jalan dengan batu-batu besar. Mereka tidak bisa mentolerir lagi kebijakan Pemkab Pati atas pendirian semen. Massa pendemo juga menilai bahwa Komisi Penilai Amdal melakukan mal praktek dalam memberikan rekomendasi.

“Kami menilai ada indikasi permainan dalam sidang Amdal, yang dilakukan oleh Komisi Penilai Amdal dan Pemkab Pati,” tandasnya.

Dan menuntut agar penegak hukum menyelidiki indikasi bisnis rekomendasi yang dilakukan oleh Komisi Penilai Amdal. Serta Bupati Pati mencabut Ijin Lingkungan untuk PT. SMS dan segala katifitas persiapan pendirian pabrik semen termasuk ijin-ijinnya.

Warga Kendeng dari beberapa kecamatan di Pati bagian selatan ini  mengancam akan tetap memblokir jalur Pantura  jika tuntutan mereka tidak dikabulkan. Dan mereka juga mengancam akan menambah massa lebih banyak banyak lagi. Demo ini sendiri berlangsung hingga sore hari.
Massa pendemo merusak Pos Lebaran di depan pabrik PT. Dua Kelinci, Kamis (23/7/2015)


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar