Budidaya Sayur Organik Sehat dan Menjanjikan

(Jateng Headline - PATI) Budidaya tanaman dengan cara organik saat ini mungkin masih jarang dilakukan oleh,  walaupun sebagian petani juga sudah melakukan dan mencoba bertani dengan cara organik. Padi organik pernah dilakukan oleh kelompok tani di Gabus,  namun jika sayur organik warga Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  justru sudah memulainya. 

“Memang belum banyak yang tertarik membudidayakan sayuran organik, tetapi jika padi organik sudah banyak yang mencobanya,” tutur Simon, warga Pagendisan, Kecamatan Winong pembudidaya sayur organik.

Tidak banyak petani yang saat ini  punya ketertarikan mencoba budidaya sayur dengan cara organik. Namun demikian, Simon telah mencoba budidaya sayuran. Yang dibudidayakan adalah selada  dan sawi, kedua sayur tersebut  padahal harus punya kelembaban dan suhu tertentu agar bisa hidup dengan normal.

“Kedua sayuran tersebut, memang harus disirami secara rutin sehingga tidak dehidrasi dan menyebabkan tanaman layu,” jelasnya.

Tetapi dengan cara organik yang dilakukan oleh Simon ternyata  berbuah manis. Dia sudah berhasil membudidayakan sayuran tersebut secara organik. Memanfaatkan sisa kotoran sapinya  dengan dicampur dengan tanah, ternyata bisa tumbuh dengan normal.

“Hanya menggunakan kotoran sapi yang dicampur dengan tanah, sebagai media tanamnya. Tetapi di sini panas sekali, sehingga penyiraman harus rutin,” bebernya.

Hasilnya sungguh luar biasa, dari hasil panen sawi dan selada organik tersebut setiap harinya Simon bisa menjualnya ke pedagang keliling. Sungguh lumayan hasilnya  tidak kurang dari Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,-  keuntungan bersih yang diperolehnya.

“Dengan keuntungan bersih Rp. 50.000,- setiap harinya, tentu lumayan banyak bagi saya. Karena hanya memanfaatkan pekarangan rumah saja. Permintaan juga banyak, namun belum bisa mencukupinya,” terang Simon.


Biaya budidaya sayur inipun tergolong sangat murah,  karena dia hanya mengeluarkan biaya untuk pembelian bibit sayur tersebut.  Dan yang pasti, sayuran organik sangat sehat dibandingkan dengan sayur biasa.
Simon ketika memanen sayuran organiknya, yang sehat dan menjanjikan.















 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar