Fraksi PDIP DPRD Pati : Soal Karaoke Pemkab Pati Dinilai Lembek

(Jateng Headline - PATI)  Mandeknya penegakan aturan tentang karaoke, seperti yang tercantum dalam Perda Pati Nomor 8 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan menuai beragam pendapat. Kalangan DPRD menilai pemkab tidak berdaya dan dipertanyakan kewibaannya.

"Regulasi dibuat untuk diterapkan dan ditaati semua pihak tanpa terkecuali. Bukan hanya jadi dokumen mati yang seakan tidak ada gunanya," ujar anggota DPRD Joko Wahyudi.

Legislator dari Fraksi PDIP ini menyebut, political will eksekutif dalam mengawal pemberlakuan perda rendah. Sejauh ini, wakil rakyat tidak mengetahui pasti latar belakang dari lemahnya pemkab dalam menegakkan perda tersebut.

Namun, dia tidak sependapat jika jumlah personel Satpol PP sebagai penegak perda yang diklaim sedikit dijadikan alasan. Menurutnya, dalam bertindak menegakkan regulasi, aparat Satpol selalu di-back up polisi dan TNI.

Mengenai kabar dukungan dua instansi tersebut yang kurang total, menurutnya perlu dicek kebenarannya. Dia menilai, itu hanya persoalan komunikasi yang kurang intensif dan dua arah.

Sebagai wakil rakyat yang terlibat dalam penggodokan Perda Pati Nomor 8 tahun 2013, Joko mengaku kecewa dengan kondisi tersebut. Pasalnya, prosedur dan mekanisme pembuatan perda telah dilalui dengan benar.

"Berbagai pihak, termasuk pengusaha tempat hiburan karaoke dilibatkan dalam penggodokan rancangan perda hingga ditetapkan menjadi perda. Konsultasi publik pun dilaksanakan sehingga regulasi itu tidak ada masalah," tandasnya.

Sikap pasif pemkab saat ini dinilai akan berdampak buruk bagi penegakan hukum di Pati. Bisa jadi ke depan perda tidak ada artinya lagi karena banyak pihak yang menyepelekan.

Sementara, seusai acara dialog Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan masyarakat di Pendapa Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu, Bupati Haryanto menegaskan tetap menegakkan perda tersebut. Namun, dia enggan menjelaskan lebih lanjut tentang sikap pasif yang diambil belakangan ini.
Perda Karaoke dinilai Fraksi PDIP  tidak berjalan sesuai dengan penegakan yang dilakukan oleh Pemkab Pati.
 












Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar