Ini Dampak Pemberlakuan Lima Hari Sekolah

(Jateng Headline – PATI)  Kebijakan pemberlakuan lima hari sekolah terdapat konsekuensi logis berupa pemadatan materi pengajaran, apalagi bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Faktor materi yang padat tentu beresiko dengan kejenuhan dan kecapaian yang akan dihadapi oleh siswa dan gurunya, akibatnya daya serap pelajaran siswa pun menjadi menurun.

“Komposisi kurikulum di Indonesia saat ini kan masih 70% teori dan 30% simulasi. Jadi siswa lebih banyak di kelas dibanding di luar kelas dengan pembelajaran yang refresh dan menyenangkan. Itu berbeda dengan negara lain, seperti Swedia, Finlandia, atau Malaysia yang menerapkan 70% simulasi dan 30% teori,” tegas Muh Zen ADV, anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah dan Ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Jawa Tengah

Aspek sarana dan prasana (sarpras) yang belum siap untuk pemberlakuan sekolah lima hari. Ketersediaan tempat ibadah (masjid atau mushala) di sekolah masih belum representatif dan mampu menampung sejumlah siswa. Bahkan masih ada sekolah yang belum memiliki sarpras tersebut.

“Belajar sampai sore tentu siswa butuh shalat Dzuhur dan Ashar di sekolah. Nah, kalau jam istirahat hanya 30 menit tentu mereka akan bersamaan dalam melaksanakan shalat. Apa semua masjid atau mushalanya layak untuk itu,” terangnya.

Faktor perekonomian siswa dan transportasi pendukung juga akan berpengaruh. Dan dipastikan urusan keuangan siswa seperti bekal pun dipastikan akan mengalami pembengkaan. Sedangkan transportasi, tidak semua daerah terdapat angkutan umum yang beroperasi hingga sore.

“Ini berbagai aspek yang perlu dikaji lebih mendalam. Jadi, kami berharap pemkab/pemkot tidak sertamerta memberlakukan kebijakan sekolah lima hari dengan model instruksi. Semua harus disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Kami pun di Komisi E DPRD Jateng turut mengevaluasi efektivitasnya,” pungkasnya.
Salah satu dampak lima hari sekolah adalah siswa dan guru akan mengalami kejenuhan dan kecapaian, akibatnya daya serap pelajaran menurun.















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar