Kekeringan Warga Pagendisan Terpaksa Konsumsi Air Tidak Layak Minum

(Jateng Headline - PATI) Prediksi musim kemarau panjang menghantui masyarakat Indonesia saat ini terlebih Kabupaten Pati  yang masuk 9 daerah kekeringan di Jawa Tengah. Imbas musim kemarau adalah kekeringan  yang membuat sebagian mata air, sungai dan sumur menjadi kering. 

Parahnya,  warga Pagendisan,  Kecamatan Winong,  Pati,  terpaksa memanfaatkan air sumur tidak layak untuk dikonsumsi. Hal itu dikatakan oleh salah satu warga Pagendisan  bahwa sebagian besar tetangganya juga masih memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan setiap harinya.

“Kami memang terpaksa memakai air sumur, walaupun air tersebut tidak layak dikonsumsi, karena itu satu-satunya mata air yang kami punya,” jelas Simon, warga Pagendisan yang memakai air tersebut.

Selain kebutuhan akan air bersih untuk konsumsi dan MCK, lahan pertanian pun juga mengalami kekeringan. Air sumur warga di desa tersebut  masuk kategori tidak layak konsumsi dikarenakan warnanya kuning dan  berbau. 

“Air di daerah kami jika musim kemarau warnanya kuning dan berbau.  Namun untuk menghemat pembiayaan, maka kami terpaksa menggunakannya,” bebernya.

Terkadang  warga desa Pagendisan memasak menggunakan air isi ulang  jika terpaksa dilakukan. Namun tidak mungkin setiap hari harus membeli air isi ulang.

Musim kemarau dan kekeringan memang selalu menjadi momok masyarakat di daerah tertentu. Namun demikian,  peran serta warga dan Pemkab Pati untuk penanggulangan kekeringan sangatlah diharapkan dalam mengantisipasi dampak musim kemarau di tahun 2015 ini.



“Kami berharap ada tindakan untuk penanggulangan kekeringan dan terlebih lagi bisa memberikan solusi terbaik bagi warga Pagendisan agar bisa mengkonsumsi air bersih yang tidak berbau dan berwarna,” pungkas Simon.
Warga Pagendisan, Kecamatan Winong ketika menimba air tidak layak konsumsi dari sumurnya.


















 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar