Kemarau Hati-hati Dengan Penyakit Tifus dan Pernafasan

(Jateng Headline - PATI)  Kemarau panjang  dengan cuaca panas yang  tinggi  di Kabupaten Pati, Jawa Tengah  juga berpotensi  munculnya penyebaran  penyakit.   Musim kemarau sangat rentan dengan kesehatan masyarakat sehingga dimungkinkan  terjangkit sejumlah penyakit.

Data dari  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soewondo Pati, akibat musim kemarau yang terjadi saat ini sudah mulai berdampak dengan bermunculan sejumlah penyakit yang disebabkan oleh cuaca panas. Selain batuk pilek,  banyaknya debu juga menyebabkan warga mudah terjangkit penyakit gangguan pencernaan dan pernafasan termasuk juga penyakit tifus yang disebabkan bakteri gastro enteristi. 

Wakil direktur RSUD Suwondo Pati, Tuti Ingniyati, mengatakan, berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat imbas musim kemarau ini di dominasi penyakit  pernafasan serta menurunya sistem imunitas akibat cuaca dan debu seperti batuk dan flu, serta penyakit gangguan pencernaan akibat mikro bakteri yakni gastro enteristis serta tifus. 

“Penyakit tersebut diakibatkan oleh menurunya sistem imunitas akibat tak stabilnya suhu cuaca, serta kurang terjaganya sanitasi lingkungan akibat kemarau,” kata Tuty.  

Berdasarkan data selama 3 bulan terakhir, pasien yang menderita penyakit tersebutpun mengalami peningkatan hingga 10 persen. Dari jumlah yang ada, penderita di dominasi oleh orang dewasa. 

Sementara itu untuk mengantisipasi supaya tidak mudah terjangkitnya penyakit  yang diakibatkan karena cuaca yang tidak bersahabat.

Pihak rumah sakit menghimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan sistem imunitas tubuh, dengan menjaga sanitasi lingkungan, serta memperbaiki asupan gizi pada tubuh. Selain itu, warga juga diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya sekitarnya.
Musim kemarau harus diwaspadai karena berpotensi menimbulkan penyakit typus dan pernafasan.












Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar