Parah,,Ratusan Nelayan Gunungrowo Tidak Ada Penghasilan

(Jateng Headline - PATI)  Imbas dari kebocoran Waduk Gunungrowo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  yang hingga kini belum di perbaiki  mengakibatkan dampak yang komplek bagi masyarakat Pati.   

Selain kekeringan di jalur pengairan di sejumlah kecamatan ternyata juga mengakibatkan pengangguran ratusan nelayan di desa sekitarnya. Selain itu warung yang berada di sekitarnya juga mengalami penurunan omzet yang tajam.   



“Kebocoran Waduk Gunungrowo ternyata berdampak luas dengan kehidupan masyarakat sekitar.  Warga desa kami sangat merasakan dampaknya selama 4 bulan terakhir ini,“ jelas Suyuti, Kepala Desa  Sitiluhur, Kecamatan Gembong.

Akibatnya di sejumlah kecamatan, petani harus beralih ke palawija yang tidak membutuhkan air terlalu banyak.  Selain itu / ratusan nelayan disekitar Waduk Gunungrowo  selama 4 bulan ini harus merelakan dirinya menganggur.

“Yang dulunya bekerja sebagai  nelayan terpaksa  harus bekerja serabutan dan juga mencari pekerjaan lain selama waduk tersebut belum diperbaiki,” katanya.

Selain itu  warung di sekitar bendungan juga mengalami penurunan omzet yang tajam selama Waduk Gunungrowo mengalami kekeringan. Penurunan omzet dikarenakan jumlah pengunjung yang berwisata ke waduk tersebut juga mengalami penurunan yang tajam dibandingkan ketika masih normal dulu.

“Sebelum waduk kering, sekitar 72 warung yang ada bisa memperoleh omzet 3 hingga 4 juta setiap menjelang dan pasca Lebaran.  Namun di tahun ini, hanya memperoleh tidak kurang dari 1 juta,” tandas Suyuti.

Kepala Desa Sitiluhur  menmabahkan bahwa dirinya merasa prihatin dengan warganya yang banyak menganggur  serta mengalami penurunan omzet penjualan selama Waduk Gunungrowo mengalami kekeringan. 


Dengan adanya dampak yang komplek akibat keringnya Waduk Gunungrowo karena belum dilakukan perbaikan,  maka lewat Kepala Desa Sitiluhur,  warga sekitar waduk berharap secepatnya dilakukan perbaikan.   Dan,  menurut info yang diperoleh Suyuti bahwa perbaikan diperkirakan  akan dimulai sekitar bulan September nanti.
Nelayan di Waduk Gunungrowo ini sekarang tidak bisa mencari ikan lagi karena kering akibat belum dilakukan perbaikan, yang membuat mereka akhirnya menganggur.



















 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar