Polres Pati Berhasil Cokok 13 Pelaku Kejahatan dari 11 Kasus Kejahatan

(Jateng Headline - PATI) Operasi Sikat Jaran yang digelar Polres Pati sejak Jumat (7/8/2015) hingga Rabu (26/8/2015) lalu, berhasil mengungkap berbagai tindak kejahatan. 
 
Kapolres Pati AKBP Raden Setijo Nugroho mengungkapkan, dalam perkara ini, pihaknya akan terus mengembangkan lebih jauh. Sebab, dari 13 tersangka yang diamankan, mereka terlibat 11 kasus berbeda, empat kasus pencurian dengan pemberatan, lima kasus curanmor dan dua kasus pencurian dengan kekerasan.

”Meski operasi ini, hanya 20 hari, namun kami berupaya  untuk memaksimalkanya. Hal ini untuk, meminimalisir adanya tindak kejahatan yang ada disejumlah wilayah,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari belasan pelaku yang ditangkap ini, kesemuanya berdomisili di wilayah Pati, bukan dari luar daerah. Sehingga, hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi petugas kepolisian, lantaran Kabupaten Pati juga mempunyai potensi kriminal yang cukup tinggi.

”Target dalam operasi sikat jaran ini, hanya Sembilan kasus. Tapi justru diluar ekspektasi, karena selama kurun waktu yang ditentukan, kami berhasil mengungkap 11 kasus. Belum lagi kasus kejahatan di luar operasi tersebut, seperti aksi pencurian spesialis gedung sekolah,” imbuhnya.

Dari giat tersebut, sejumlah barang bukti yang turut diamankan petugas diantaranya, lima unit kendaraan roda dua, sepotong celana jeans, satu ekor kambing, dua karung plastik dan delapan utas tali rafia warna hitam.

”Para pelaku pencurian ini, tidak segan melakukan perusakkan pintu rumah milik korbannya. Karena berdasarkan keterangan para pelaku, mereka biasanya menjalankan aksinya, pada saat malam hari dan korbanya tengah tertidur pulas,” terangnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, para pelaku pencurian dan pemberatan terancam pasal 363 KUHP dengan hukuman kurungan tujuh tahun. Sedangkan untuk kasus pencurian dengan kekerasan, terancam pasal 365 KUHP, hukumannya sembilan tahun penjara.

 ”Semoga hal itu, menjadi efek jera bagi para pelaku. Aagar tidak mengulangi tindakan kriminal lagi,” harapnya.
Tahanan Polres Pati yang berhasil dibekuk dalam Operasi Sikat Jaran 2015 di Mapolres (31/8/2015).

















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar