Polres Pati Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada di Karesidenan Pati

(Jateng Headline - PATI) Puluhan orang tampak mendatangi Markas Polisi Resor (Mapolres) Pati, Senin (31/8/2015). Kedatangan massa ini langsung dihadang oleh petugas kepolisian. 

Situasi semakin memanas, setelah negosiasi yang dilakukan antara pihak pendemo dengan polisi tak berujung dengan kata sepakat. Para demonstran inipun  terus merangsek masuk ke Halaman Mapolres Pati, karena memaksa ingin bertemu dengan sejumlah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati yang sedang dimintai keterangan Satreskrim Polres Pati.

Akhirnya, aksi dorong dan baku hantam antara pendemo dengan petugas pun tak dapat dihindarkan. Melihat kondisi tersebut, akhirnya ratusan personil dari Satuan Sabhara dan Brimob Polres Pati turut diterjunkan. Bukannya mereda, aksi para pendemo justru semakin tak terkendali dan mengarah pada tindakan anarkis. 

Untuk meredakan aksi massa, polisi terpaksa melakukan aksi prefentif yakni dengan melepaskan tembakan air dari armada watercanon. Tak hanya itu, untuk membubarkan aksi massa polisi juga menerjunkan anjing pelacak.

Setelah berhasil meredam aksi, polisi akhirnya juga mengamanakan beberapa pendemo yang dianggap sebagai provokator. Dalam aksi tersebut, beberapa massa yang terlibat baku hantam tergeletak pingsan.

Aksi tersebut bukanlah aksi demo yang sebenarnya. Melainkan simulasi kerusuhan yang digelar oleh Polres Pati guna mempersiapkan personil yang akan diperbantukan untuk pengamanan Pilkada Serentak nanti.

Kapolres Pati, AKBP R. Setijo Nugroho menuturkan, simulasi tersebut selain untuk mematangkan keahlian personil saat menjalankan tugas

Aksi tersebut, buakanlah aksi demo yang sebenarnya. Melainkan simulasi kerusuhan, yang sengaja digelar oleh Polres Pati, dalam mempersiapkan personel.

Kapolres Pati, AKBP  Raden Setijo Nugroho mengatakan, simulasi tersebut untuk mematangkan keahlian personel dalam menjalankan tugas, terutama saat mengamankan pilkada.

“Beberapa kabupaten tetangga di eks-Karisidenan Pati akan menggelar Pilkada Serentak pada 9 Desember nanti diantaranya Kabupaten Rembang, Blora dan Grobogan,” terangnya.

Diharapkan, lanjut Kapolres, simulasi tersebut dapat lebih mematangakan kesiapan pasukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Dalam simulasi tadi, juga melibatkan personil dari beberapa satuan diantaranya Sat Sabhara, Brimob, serta personil dari jajaran Polsek se-Kabupaten Pati.

“Latihan ini, rencananya juga akan terus dilakukan sebagai kegiatan rutinitas yakni sebulan sekali, guna meningkatkan kinerja dan profesionalitas Polri,” tandasnya.
Simulasi pengamanan Pilkada di gelar oleh Polres Pati Senin (31/8/2015) di Mapolres.















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar