Cerita Kaborongan dan Mbah Gantang

(Jateng Headline - PATI) Kultur budaya masyarakat Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang berada di Pantai Utara Jawa memang berbeda dengan daerah lainnya. Masih kental dengan tradisi yang hingga kini masih dijunjung dan dilakukan.

Masyarakat Pati meyakini dengan tetap melestarikan tradisi dan budaya khususnya Jawa merupakan bentuk penghormatan pada leluhur atau nenek moyang. Sehingga  akan diberikan kekuatan, kelancaran rejeki dan dijauhkan dari malapetaka.


“Kami percaya dengan tetap menghormati leluhur dan bersyukur pada Tuhan dengan bentuk sedekah bumi, maka akan diberikan berkah tersendiri,” jelas Sumardi, sesepuh di Kaborongan dekat Makam Mbah Gantang.

Warga Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota  adalah contoh nyata yang tetap melestarikan budaya sedekah bumi. Di Makam Mbah Gantang  yang diyakini sebagai pendiri atau cikal bakal kampung Kaborongan. Mbah Gantang menurut masyarakat disekitarnya mengatakan bahwa  Mbah Gantang sangat erat dengan berdirinya kampung Kaborongan.

“Mbah Gantang dulunya adalah seorang punggawa Kadipaten Pati yang berusaha mencari ketenangan dengan menjauhkan diri dari keramaian dunia,” terangnya.

Mbah Gantang merupakan sesepuh Muslim atau Ulama yang ingin mencari ketenangan. Dan akhirnya menemukan daerah yang dirasa mempunyai ketenangan  dengan tetap menjunjung Syi’ar Agama Islam.  

“Dalam mencari ketenangan dengan tetap menjalankan ibadah, hingga akhirnya Mbah Gantang meninggal dunia di daerah tersebut.  Hingga akhirnya dianggap sebagai orang yang menjadi cikal bakal Kaborongan,” beber Sumardi.

Untuk itulah  maka warga setempat selalu menghormati leluhurnya dengan mengadakan ritual sedekah bumi di dekat Makam Mbah Gantang. Cerita tutur yang diyakini masyarakat Kaborongan menjadi tradisi rutin setiap bulan Apit untuk Penanggalan Jawa.
Para sesepuh kampung Kaborongan ketika berdoa di Makam Mbah Gantang.

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar