Darurat Kekeringan Warga Gabus Sholat Mohon Hujan

(Jateng Headline - PATI) Kekeringan yang terjadi pada musim kemarau di tahun 2015 ini  memang sangat kritis dan darurat. Hampir 6 bulan sudah  kekeringan melanda di Kabupaten Pati,  Jawa Tengah  terutama di bagian selatan. Oleh karena itu  warga pun berinisiatif melakukan Sholat Istisqa dengan harapan bisa dianugerahi hujan oleh Sang Pencipta Alam Semesta Alam ini.   



Darurat bencana kekeringan di Kabupaten Pati sudah memasuki bulan yang ke 6 di tahun 2015 ini. Masyarakat Kabupaten Pati pun  sudah tidak bisa lagi bertahan dengan tidak adanya air  baik untuk konsumsi maupun untuk pertanian.  Namun demikian  Pemkab Pati belum menyatakan bahwa kabupaten pati sebagai daerah bencana kekeringan yang kritis.

“Sholat Istisqa ini atas desakan masyarakat, karena kekeringannya sudah terlalu lama. Dan akibatnya pertanian menjadi terganggu sehingga perekonomian pun bisa menjadi terpuruk,” terang Ketua Tanfidziyah NU Gabus, Syaifullah.

Oleh sebab itu  masyarakat pun berinisiatif memohon pada Tuhan untuk bisa diberikan hujan. Warga Desa Gabus,  Kecamatan Gabus pun berkumpul di lapangan desa setempat untuk melaksanakan Sholat Istisqa  dengan harapan diberikan tetesan air untuk membasahi daerahnya yang kering kerontang.

“Terutama petani sangat merasakan kekeringan ini, oleh karena itu pesertanya sebagian juga petani serta masyarakat umum.  Selain itu juga para pelajar,” jelasnya.

Sholat Istisqa ini sendiri  diikuti oleh masyarakat umum diantaranya adalah petani desa setempat. Selain itu  pelajar mulai setingkat SMP hingga SMA baik pria maupun wanita memenuhi lapangan dengan panas terik yang mereka hiraukan. 

Salah satu pelajar pun  hampir pingsan tidak kuat menahan panas matahari yang terik  sehingga harus dipapah untuk diberikan pertolongan.  Selanjutnya masyarakat pun di akhir pelaksanaan Sholat Istiqa  mereka pun berdoa bersama agar Tuhan Yang Maha Esa  bisa memberikan limpahan air bagi mereka. 


"Dengan pelaksanaan Sholat Istisqa ini, kami berharap Allah akan memberikan secepatnya turunnya hujan sesuai dengan harapan masyarakat," tandasnya.

Memang sudah seharusnya  jika manusia sudah tidak bisa mengatasi sendiri permasalahannya  maka haruslah berserah diri pada Yang Maha Kuasa. Oleh karenanya  sholat memohon hujan adalah tindakan yang tepat seperti yang dilakukan oleh warga Gabus ini.
Ribuan warga Gabus melaksanakan Sholat Istisqa untuk mohon turunnya hujan di lapangan Desa setempat, Senin (21/9/2015).


















  
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar