Jangan Pakai Atribut TNI Jika Tidak Ingin Kena Razia

(Jateng Headline - PATI)  Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/3-2 Pati  melakukan razia untuk penertiban atribut TNI. Razia ini dilakukan di Jalan Pati-Tlogowungu, tepatnya di depan Stadion Joyokusumo, puluhan kendaraan roda dua dan empat terjaring razia ini.

Warga sipil yang mengenakan atribut maupun aksesoris TNI, terkena razia ini.  Selain itu, beberapa prajurit TNI yang kedapatan tidak tertib berlalu lintas, juga ditindak tegas dalam operasi itu.

Dansub Denpom IV/3-2 Pati Lettu Corps Polisi Militer (CPM) Wawan Aji Prasetyo mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah untuk sosialisasi   pada warga sipil,  jika atribut TNI tidak boleh dikenakan selain anggota.

”Selain itu, kegiatan ini, juga untuk menertibkan anggota TNI. Kita periksa surat-surat kendaraanya dan  identitas keanggotaan. Jika kedapatan tidak mengantongi surat-surat kendaraan, ya kami sita,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan dua tahap, yakni pada Selasa (8/9) hingga Kamis (10/9) dan dilanjutkan kembali pada Senin (14/9) hingga Kamis  (17/9). Sandi dalam operasi ini pekan disiplin, sehingga dilakukan hampir disetiap tempat.

”Sasaran operasi ini, kami prioritaskan pada perajurit TNI, meliputi kelengkapan tanda perajurit, maupun surat jalanya. Kemudian pengenaan atribut TNI yang kerap kali dimanfaatkan warga sipil,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, seringkali masyarakat menggunakan baju-baju tentara untuk gagahan yang justru mencoreng nama baik satuan. Karena, dimanfaatkan untuk melanggar aturan lalu lintas dan sebagainya.

”Dari operasi ini, kami mendapatkan tiga baju doreng, semuanya kami sita. Baju tersebut kami peroleh dari salah satu pengendara roda dua. Selain itu, ada puluhan stiker satuan TNI yang dipasang pada kendaraan juga kami suruh untuk membukanya,” jelasnya.

Sedangkan untuk anggota TNI yang melanggar lalu lintas, baik kelengkapan kendaraan maupun surat-surat ditilang. Selanjutnya kasus tersebut diserahkan ke pihak berwenang untuk memberinya efek jera.

”Ada satu kendaraan yang dibawa anggota TNI yang kami amankan. Katanya ada surat-suratnya, jadi kami minta untuk diambil,” tandasnya.
Sejumlah baju tentara yang dari warga sipil yang dirazia Denpom IV/3-2 Pati.
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar