Petani Sepakat Pegunungan Kendeng Jadi Kawasan Pertanian

(Jateng Headline - PATI) Dalam rangka Hari Tani  ratusan petani yang berada di kawasan Pegunungan Kendeng Utara, Kabupaten Pati,  Jawa Tengah  berkumpul dalam sarasehan di Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo. Sebagai petani, mereka membahas keberadaan Gunung Kendeng ke depan apakah masih sebagai kawasan pertanian jika rencana pendirian pabrik semen di daerah tersebut terealisasi.  



Ratusan petani dari berbagai daerah di Kabupaten Pati bagian selatan  yang selama ini berada di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara  berkumpul dalam rangka sarasehan menyongsong Hari Tani.  Bertempat di lapangan  para petani sangat antusias mengikuti sarasehan yang dikemas dengan Jagongan Menyongsong Hari Tani. 

“Ingin tetap bertani atau jadi buruh pabrik semen,” begitu teriak salah satu narasumber. Para petani yang hadir pun sontak menjawab bareng bertani.

Dengan mengambil tema Kendeng Menatap  Masa Depan Tani Indonesia  sangat tepat jika dikaitkan dengan adanya rencana pendirian pabrik semen nantinya di kawasan tersebut.  Keberadaan petani Kendeng memang dipertaruhkan keberadaannya  jika pabrik semen terealisasi.  Lahan pertanian pun  menjadi akan berkurang  menjadi lahan produksi pabrik semen nantinya.

“Anda butuh sawah, air atau mesin,” tanya narasumber, yang praktis dijawab dengan sawah dan air.

Padahal  Pegunungan Kendeng saja jika musim kemarau seperti di tahun 2015 ini  kebutuhan akan air untuk pertanian pun sudah menipis. Apalagi jika pendirian pabrik semen terealisasi  maka petani pun khawatir akan terjadi kekeringan yang parah. Oleh karena itu petani dan pertanian di kawasan Pegunungan Kendeng patut dipertahankan. 

Hal itu  disampaikan oleh beberapa narasumber dan praktisi yang hadir sebagai pembicara  dalam kegiatan tersebut. Mereka pun sangat sepakat dengan apa yang dikeluhkan oleh petani di kawasan Pegunungan Kendeng saat ini.  Jika benar rencana pendirian pabrik semen terbukti maka pertanian dan petani di kawasan tersebut  dipastikan masa depannya akan hancur. 

Seperti diketahui bahwa sebagian besar masyarakat Pegunungan Kendeng adalah hidup dari pertanian dan hidupnya adalah bertani. Oleh karena itu  mereka sepakat jika rencana pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng Utara harus dibatalkan.
Ratusan petani di Pegunungan Kendeng Utara yang menghadiri Jagongan dalam rangka Hari Tani, di lapangan Tambakromo, Minggu (20/9/2015).
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar