Sapi Lokal Pati Diharapkan Bisa Bersaing Dengan Sapi Impor

(Jateng Headline - PATI) Sebagai sentra sapi di Provinsi Jawa Tengah  Kabupaten Pati merupakan gudangnya sapi lokal. Sebagai penyuplai sapi lokal jenis peranakan ongol (PO) maka diharapkan Kabupaten Pati lebih bisa mengembangkan sapi lokal ini, menjadi lebih bagus secara kualitas dan kuantitasnya. Sehingga sapi lokal asal Pati bisa berbicara dan bersaing dengan sapi impor. 

Potensi alam yang bagus di Kabupaten Pati membuat industri peternakan pun semakin diharapkan bisa menjadi sentra penghasil sapi lokal. Ketersediaan pakan alam pun tidak dikhawatirkan lagi  bagi peternak sapi. Misalnya saja  sapi lokal jenis peranakan ongol  di Kabupaten Pati merupakan sentranya selain kabupaten tetangga.


“Jika kita kembangkan maka peranakan ongol ini tidak kalah dengan sapi dari luar negeri, dan kebetulan Pati adalah gudangnya,” terang Bupati Pati Haryanto.

Oleh karena itu  diharapkan Kabupaten Pati bisa menjadi penyuplai ketersediaan daging sapi. Kebutuhan daging sapi secara nasional belumlah tercukupi  sehingga pemerintah harus membuat kebijakan impor sapi. Dengan demikian  potensi sebagai sentra penghasil sapi lokal pun sangat terbuka.

“Sangat potensi sekali jika dikembangkan di Pati, saya berharap lewat Dispertanak nantinya bisa direalisasikan,” tandasnya.

Pemkab Pati melalui Dinas Pertanian Dan Peternakan (Dispertanak) Pati pun harus mendorong peternak dengan berbagai inovasi yang dilakukan. Hal itu terungkap ketika digelar Lomba Dan Kontes Sapi di Pasar Hewan  Kecamatan Winong.

Dalam kesempatan tersebut  Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah  juga sangat mengapresiasi dan mendukung Kabupaten Pati sebagai sentra sapi local. Oleh karena itu  harus serius dalam pengembangan sapi lokal jenis PO ini.


“Kabupaten Pati sangat potensi untuk pengembangan sapi PO ini, selain Rembang, Grobogan dan Blora,” jelas Kepala Dinas Peternakan Jawa Tengah Agus Wariyanto.

Memang tidaklah berlebihan jika Kabupaten Pati  bisa mengembangkan diri sebagai sentra sapi lokal. Sumber daya alam dan ketersedian bibit sapi peranakan ongol pun  mudah didapat. 

“Kedepan yang paling penting adalah inovasi peternak untuk pengembangan sapi PO ini.  Oleh karena itu dinas terkait sudah seharusnya mendorong pengembangan  sapi ini," tegasnya.

Selanjutnya, keseriusan dan kinerja nyata  yang didukung oleh Pemkab Pati sangatlah ditunggu.
Kontes sapi di Pasar Hewan Winong adalah salah satu cara mengembangkan sapi lokal jenis PO, Rabu (16/9/2015)
 
















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar