Warga Berebut Sesaji di Klenteng Hok Tik Bio

(Jateng Headline - PATI)  Masyarakat Tiong Hoa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, merayakan King Hoo Ping pada tahun ini  di Klenteng Hok Tik Bio, Kamis (3/9/2015). Tradisi King Hoo Ping ini rutin dilakukan oleh warga keturunan Tiong Hoa setiap bulan ke 7 setelah perayaan imlek.

"Masyarakat Tiong Hoa memang selalu melakukan tradisi rutin setiap bulan ke 7 setelah Imlek, yang dinamakan dengan tradisi King Hoo Ping," jelas Ketua Klenteng Kabupaten Pati, Edi Siswanto.

Ritual upacara King Hoo Ping ini dipimpin oleh sesepuh klenteng dengan persembahan sejumlah sesajian yang ditaruh ditaruh di atas. Sesaji tersebut berupa lauk pauk, nasi, kue, buah, dan minuman.

Selain menyiapkan sesaji dalam bentuk suguhan makanan, ritual kemarin juga dilakukan pembakaran uang kertas sesaji dan miniatur rumah-rumahan. Ritual itu dipercaya apa yang dibakar dalam ritual tersebut dapat dimanfaatkan oleh  para arwah.

"Perayaan King Hoo Ping adalah upacara persembahkan untuk para arwah leluhur, orangtua,  maupun sanak keluarga yang sudah meninggal," terangnya. 

Ratusan warga sudah berkumpul di depan klenteng, selain untuk menukarkan kupon dengan sembako mereka rela menunggu hingga berjam-jam untuk mengikuti ritual rebutan barang-barang sandang pangan seperti baju, sandal, kain dan berbagai makanan ringan yang sudah digantung di halaman kelenteng.

"Selain mempersembahkan sesaji bagi para arwah dalam kegiatan ini juga kita berbagi dengan warga yang kurang beruntung dengan pembagian sembako," katanya.

Suasana perayaan King Hoo Ping  mendadak menjadi ricuh saat semua sesaji selesai didoakan, warga yang sudah sejak pagi memunggu lansung merangsek masuk ke halaman klenteng dan merebutkan barang sandang pangan yang sudah disiapkan panitia dengan cara digantung.
Masyarakat sekitar Klenteng Hok Tik Bio berebut barang-barang saat tradisi King Hoo Ping, Kamis (3/9/2015).















Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar