Desa Margotuhu Kidul Kampung Benih Lele


(Jateng Headline - PATI) Usaha dan budidaya pembenihan lele di Desa Margotuhu Kidul,  Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati,  Jawa Tengah membuat pertumbuhan ekonomi warganya semakin meningkat. Hampir 50 persen lebih  warganya adalah petani pembenih lele. Maka tidaklah berlebihan jika akhirnya mendapat julukan kampung pembenihan lele. 



“Dari sekitar 500 an jumlah kepala keluarga (KK) yang ada di Desa Margotuhu, sekitar 250 an lebih dipastikan punya usaha pembenihan ikan lele,” terang Kepala Desa Margotuhu Kidul, Bambang Endrapuspita.

Ditambah lagi dengan keberhasilan menyabet juara dua  di Provinsi Jawa Tengah untuk Kategori Unit Pembenihan Rakyat. Maka tidaklah mengherankan  jika Desa Margotuhu Kidul berpredikat kampung pembenihan lele di Kabupaten Pati.

“Predikat sebagai kampong pembenihan lele mungkin sangat tepat dikarenakan 50 persen lebih warga disini sebagai petani pembenihan lele,” tambahnya.

Hampir semua rumah  mempunyai kolam pembenihan ikan lele  sebagai pemanfaatan pekarangan rumah yang nganggur. Selain itu  pertumbuhan dan peningkatan ekonomi warga Margotuhu Kidul pun  sangat signifikan dibanding dengan desa lain. 

“Pertumbuhan ekonomi sangat tinggi, sehingga menunjang peningkatan ekonomi warga.  Hasilnya adalah tidak ada pengangguran di desa kami,” paparnya.

Oleh karena itu  warga pun selain sebagai petani juga beraktifitas sebagai petani pembenih lele. Dan yang pasti  di Desa Margotuhu Kidul tidak ada satu pun warganya yang menganggur, bahkan  tingkat pengangguran di desanya bisa dikatakan  nol persen. 



“Dengan adanya pembenihan lele ini sangat menunjang perekenomian warga dan bahkan usaha yang berhubungan dengan pembenihan lele pun akhirnya muncul.  Dengan begitu maka tingkat pengangguran pun tidak ada alias nol persen,” tandasnya.

Dengan predikat sebagai kampung pembenihan lele  maka kesejahteraan warga desa Margotuhu Kidul tentu di atas rata-rata.  Bahkan omzet dan keuntungan untuk sekali siklus pembenihan lele  bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Wow  tentu sangat menggiurkan  dan jika tertarik silahkan anda mencoba.
Kampun pembenihan lele di Desa Margotuhu Kidul, Kecamatan Margoyos, Pati.















 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar