Komisi B DPRD Pati : Bulog Pati Harus Jelaskan Raskin Buruk

(Jateng Headline - PATI)  Penemuan beras bagi warga miskin (Raskin) yang berkualitas buruk dan sempat disidak langsung oleh Komisi B. DPRD Kabupaten Pati, di Desa Mojomulyo Kecamatan Tambakromo membuat anggota Dewan meradang.

Imbasnya,  Kepala Bulog Sub Divre II Pati diminta  untuk menjelaskan permasalahan tersebut nantinya. Komisi B DPRD Pati pun akan memanggil Kepala Bulog untuk diminta klarifikasi terkait dengan Raskin yang buruk tersebut.

"Di lapangan ternyata masih banyak Raskin yang tidak  layak konsumsi namun tetap didistribusikan. Kami melihat sendiri beras bantuan yang dibagikan oleh bulog sudah berkutu bahkan  terdapat ulat,” kata Ketua Komisi B DPRD  Pati,  Soetarto Oentersa.

Dia mengungkapkan rencana pemanggilan  Bulog telah  disepakati oleh anggota lainnya. Rencananya  pemanggilan tersebut akan dialkukan dalam mingu ini, salah satu hal mendasar adalah terkait alasan pihak bulog yang kerap kali mebagikan beras bantuan  raskin yang berkualitas jelek.

“Kami sepakat untuk memanggil pihak Bulog Pati selaku penyalur raskin. Karena permasalahan ini tidak hanya sekali dua kali terjadi. Karena itu dalam watu dekat kami akan meminta pertanggung jawaban dari pimpinan bulog,"  tegasnya.

Oentarso juga menabahkan bahwa persoalan raskin dengan kualitas jelek yang dikeluhkan oleh rumah tangga sasaran (RTS) tidak hanya selesai dengan penggantian. Akan tetapi, hal tersebut harus dicari akar permasalahannya.

"Kalau hanya dilakukan penggantian beras saja, tentu  tidak menyelesaikan persoalan  dan dimungkinkan hal serupa bisa  terulang lagi.  Kami kira harus dicari solusi yang lebih tepat, seperti pengawasan lebih diperketat," jelasnya.

Lebih lanjut Oentarso  menegaskan bahwa persoalan raskin yang dikomplain, tidak hanya sebatas banyak atau sedikitnya warga yang mengeluh dan melayangkan kompalin. Sebab hal itu merupakan persoalan serius, karena menyangkut tingkat kepercayaan dan kesehatan warga penerima raskin.

"Yang pasti, dalam  menyelesaikan masalah ini kami juga akan lebih pesuasif. Pihak bulog harus menjelaskan secara gamblang apa yang sebenarnya terjadi, sehingga beras dengan kualitas tidak layak konsusmi bisa dibagikan  ke masyarakat,” tandas Oentarso.
Komisi B DPRD Pati akan memanggil Bulog untuk menjelaskan Raskin yang buruk kualitasnya.











Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar