SMK Cordova Rayakan Tahun Baru Islam dan Hari Santri Gelar Ekspo Produk Santri

(Jateng Headline - PATI) Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Hijriyah 1437 H dan Peringatan Khaul Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati, serta bertepatan dengan Peresmian Hari Santri Nasional tangal 22 Oktober,  SMK Cordova Pati mengadakan kegiatan “Cordova Expo 2015” yang merupakan rangkaian kegiatan sosial dan budaya untuk masyarakat Pati dan sekitarnya selama tiga hari, yaitu tanggal 19-21 Oktober 2015 di kompleks SMK Cordova Kajen Pati. 

Kegiatan meliputi Pengobatan Gratis, Pasar Murah, Expo Produk SMK Pesantren, Lomba untuk anak-anak, workshop penulisan buku, wokshop desain grafis dan Festival Film Pendek dan Kontes Modifikasi Sepeda Motor. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan pentas musik Balasyiq. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh K.H. Ahmad ZaCki Fuad Abdullah selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Zahra Hajain dan diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Bapak Sarpan. Pada acara pembukaan juga dilaksanakan istighosah bersama yang dipimpin oleh Habib Farid Assegaf dari Jepara. 

Khaul Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin yang jatuh pada setiap tanggal 10 Muharram, merupakan event keagamaan dan budaya tahunan yang digelar di desa Kajen Maregoyoso Pati. Event tersebut dikenal dengan perhelatan Syuronan. Seluruh lembaga pendidikan dan pesantren di Kajen, Pati dan sekitarnya biasanya menggelar kegiatan-kegiatan baik yang bersifat keagamaan, ilmiyah maupun yang bersifat kesenian dan budaya. Karnaval Kajen biasanya akan menandai puncak kegiatan Syuronan yang bertepatan dengan prosesi penggantian kelambu makam Mbah Ahmad Mutamakkin.

Waliyullah Mbah Ahmad Mutamakkin adalah salah seorang sosok perintis dakwah Islam di Pati dan merupakan nenek moyang tokoh-tokoh ulama Nahdlatul Ulama seperti KH. Abdullah Salam dan KH. M.A. Sahal Mahfud, Kajen Pati. Perjuangan dakwah Mbah Ahmad Mutamakkin kini diteruskan oleh anak cucu beliau khususnya di bidang pendidikan dan SMK Cordova merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dirintis K.H. Ahmad Zaki Fuad Abdullah yang merupakan keturunan kedelapan dari Mbah Ahmad Mutamakkin.

Berkaitan dengan kegiatan meramaikan Hari Santri, SMK Cordova Pati Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis pesantren, ikut bergembira dan memberikan apresiasi terhadap disahkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri  oleh Presiden RI beberapa waktu lalu. Puncak kegiatan Cordova Expo yang akan jatuh pada malam tanggal 22 Oktober 2015 akan diisi dengan tahlil bersama merayakan peresmian Hari Santri tersebut dan dilanjutkan dengan pentas musik Balasyiq.
Cordova Expo 2015 yang dibuka mulai 19 hingga 22 Oktober 2015.







Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar