Sosis Kelor Camilan Sehat Penambah Imunitas Tubuh

(Jateng Headline - KULINER) Disela belajar daring (dalam jaringan online) siswa sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Pati Jawa Tengah, memanfaatkan waktunya dengan bereksperimen,  membuat sosis berbahan dasar kelor dan tahu.  Hasilnya,  bisa disantap sebagai camilan yang sehat baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.  

Dipilihnya bahan kelor, bukan tanpa alasan karena di masa pandemi covid 19, kelor dipercaya bisa menambah imunitas bagi tubuh.

Sosis ini berbahan dasar tanaman kelor dan tahu, yang dibuat oleh salah satu siswa kelas IV SDN 2 Pati Lor Kecamatan Pati Kota.  Bahan yang dibutuhkan adalah tahu, daun kelor, bawang merah dan putih, wortel, telur, tepung terigu  dan daun jinten. 


 

Pembuatan sosis kelor ini, dilakukan disela pembelajaran daring.  Jika pembelajaran daring selesai,  siswa bernama Dewi Sekar Ayu Wulandari, melakukan eksperimen membuat sosis kelor.  Dia terinpirasi banyaknya tanaman kelor di lingkungan rumahnya,  di Desa Kedungbulus Kecamatan Gembong

"Di sekitar rumah banyak tanaman kelor, dan saya ingin mencobanya setelah selesai pembelajaran online dari sekolah," terangnya. 

Selain itu, kandungan kelor yang bisa meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, menjadi inspirasi pembuatan sosis ini.  Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama kali  yang dilakukan adalah memisahkan daun kelor dan memblendernya hingga halus. 

Kemudian dilanjutkan dengan mengulek tahu hingga hancur  dan menambah wortel yang sudah diiris tipis-tipis. Jika sudah siap,  dilanjutkan dengan mengulek bumbu hingga halus.  Dilanjutkan dengan mencampur adonan tahu, kelor,  bumbu menjadi satu, serta ditambah dengan telur serta tepung terigu.  

"Adonan diduk hingga merata dan selanjutnya masukkan ke kantong plastik es.    Jika sudah selesai, sosis mentah siap untuk dikukus hingga matang.  Pastikan proses pengukusan hingga matang," jelasnya.

Jika sudah selesai dilanjutkan dengan memasukkan sosis matang ke dalam kulkas atau frezer,  agar menjadi kenyal.  Setelah 24 jam, sosis siap untuk dgoreng  dan dipotong kecil.


 

"Agar lebih enak dan gurih bisa ditambahkan  adonan telur.  Goreng sosis hingga matang  dan siap untuk disajikan untuk camilan yang sehat," tambahnya.

Sosis kelor ini sangat enak jika  dinikmati  ketika masih hangat. Camilan  sehat di tengah pandemi ini dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan imunitas.  Sangat pas disantap oleh anak-anak maupun orang tua.  Anda tertarik ingin mencobanya??

 

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar