Desa Pasuruhan Pati Peduli Pekerja Migran Indonesia

(Jateng Headline - EKONOMI) Kementerian Ketenagakerjaan RI memperingati  Hari Migran Internasional, yang dihelat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2020).  Dalam peringatan tersebut, berbagai penghargaan diberikan termasuk salah satunya Indonesia Migrant Worker Award 2020.

Yang menarik dalam peringatan Hari Migran Internasional ini adalah adanya pemilihan desa yang begitu peduli dengan warganya yang menjadi pekerja migran.  Salah satunya adalah Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Desa Pasuruhan  menyabet penghargaan Indonesia Migrant Worker Award 2020 untuk kategori Desa Peduli Pekerja Migran Indonesia dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. 


 

Terpilihnya Desa Pasuruhan sebagai Desa Peduli Pekerja Migran tidak lepas dari peran  pemerintah desa yang peduli dengan memberikan perlindungan dan  pembinaan pada  pekerja migran dan keluarganya.

"Perhargaan ini diharapkan  bisa menjadi pemicu bagi kami selaku  pemerintah desa sehingga bisa  memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik buntuk warga, khususnya  pekerja migran," ungkap Warsito, Kepala Desa Pasuruhan, usai menerima penghargaan.

Warsito juga berharap pekerja migran dari desanya, agar tidak bolak balik berangkat merantau, karena kasihan dengan keluarga yang ditinggalkan.

Seperti diketahui, Desa Pasuruhan  terpilih menjadi Desa Migran Produktif (Desmigratif), karena menjadi salah satu desa penyumbang tenaga kerja Indonesia (TKI) cukup besar. 

"Ada sekitar 30 persen dari total warga  kami yang berangkat ke luar negeri menjadi TKI.  Mungkin sekitar seribuan lebih," terangnya.

Kades Pasuruhan juga menambahkan yang menjadi tujuan warganya dan menerima TKI adalah  Taiwan, Korea, Belanda, Arab, Qatar, Malaysia. 

Progam Desmigratif adalah progam yang diinisiasi  Kementerian Tenaga Kerja untuk  desa agar bisa mendorong dan  memberikan fasilitas empat pilar pada  TKI.  

"Memberikan pemahaman pada  TKI  agar  proses pemberangkatan maupun saat kepulangannya tetap  aman,  baik jiwa maupun gajinya," tambahnya.

Dan utamanya adalah memberikan  kreativitas dan usaha bagi TKI, termasuk memberikan edukasi pada keluarga dan anak dari TKI agar memperoleh pendidikan yang semestinya.

Selama ini, Desa Pasuruhan juga sudah melakukan pembinaan dan pelatihan agar tumbuh kreativitas dan usaha.  salah satunya dengan memberikan pelatihan wirausaha. 


 

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar