Kuliner Sehat Sego Jagung dan Sego Abang

(Jateng Headline - KULINER) Masa pandemi Covid-19,  kita dituntut selalu hidup bersih dan menjaga imunitas tubuh. Salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan, berolah raga dan menyantap makanan sehat.  Nah, kuliner sehat yang bisa menjadi rekomendasi  adalah makanan tradisional sego jagung dan sego abang beserta lauknya. Santapan ini  cocok disantap ketika selesai berolah raga.  

Rekomendasi kuliner sehat kali ini adalah makanan tradisional.  Dan cocok sebagai kuliner penambah imunitas tubuh.  Makanan ini sepertinya cocok disantap  ketika usai berolah raga.  

Masa pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk tetap menjaga kebersihan,  berolah raga dan menjaga imunitas tubuh.  Nah, untuk urusan menjaga imunitas tubuh inilah yang berhubungan dengan asupan makanan, tentu juga harus diutamakan.  Di Pati Jawa Tengah,  ada makanan tradisional yang lagi digemari masyarakat ditengah banyaknya kuliner kekinian.  

 

Sselain bisa menjaga imunitas tubuh,  makanan ini bisa untuk menurunkan berat badan.  Adalah sego jangung dan sego abang  atau lebih dikenal dengan nasi jagung dan nasi merah lengkap dengan lauknya.  

"Lauknya juga sederhana ada tempe,  tahu  dan ikan pedo yang dibungkus dengan daun mengkudu serta dikasih urap sayur," jelas Jeny Margaretha salah satu penikmat di kedai Sari Gunung yang berada di Foodscape Salsa lantai dua alun-alun Pati. 

Kuliner tradisional ini,  di Pati menjadi trend karena masyarakat setelah berolah raga justru mencari kuliner yang sehat  dan tidak banyak mengandung kolesterol. Nah  sego jagung dan sego merah ini menjadi pilihan. Kembali pada kuliner tradisional  menjadi sebuah pilihan makanan sehat yang terjangkau. 

"Kuliner tradisional sego jagung dan sego abang ini sangat cocok disantap usai kami berolah raga.  Selain sehat, bisa menurunkan berat badan juga cocok bagi mereka yang punya masalah kesehatan," tambahnya.

Salah satu kedai bahkan berada di tengah makanan kekinian, namun diserbu oleh pengunjung karena menjajakan menu makanan dan minuman sehat. Menyantap sego jagung dam sego abang ketika masih hangat membuat selera makan menjadi bergairah. 

"Ketika energi terkuras habis berolah raga maka kuliner tradisional ini  bisa membuat energi kembali tumbuh.  Apalagi minumannya juga dari rempah-rempah maka dijamin imunitas tubuh,  diharapkan bisa menjadi kuat," tambahnya. 

Sementara, Puji Astuti  pengelola kedai kuliner tradisional, mengungkapkan  jika menu tradisional lebih bisa diminati masyarakat.  Apalagi saat pandemi Covid-19, menu tradisional yang sehat lebih dibutuhkan.  Tdak hanya kuliner saja,  minuman tradisional dikedainya juga banyak diminati masyarakat. 

"Banyak peminat sego jagung dan sego abang ini,  harganya juga sangat terjangkau.  Kami juga menyediakan minuman tradisional dari rempah-rempah untuk penambah imunitas tubuh," terangnya.

Puji berharap dengan kuliner tradisional ini bisa mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini, di saat pandemi Covid-19.  Oleh karena itu,  dirinya berharap minat masyarakat akan kuliner tradisional semakin meningkat, diantara kuliner kekinian.  Disamping kuliner tradisional  dipandang lebih sehat dari kuliner kekinian.

"Kuliner tradsional dirasa memang sangat sehat dibandingkan dengan kuliner kekinian.  Oleh karena itu saya berharap kuliner tradisional juga diminati masyarakat," pungkasnya. 



Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar