Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai di Tungjungrejo Longsor

(Jateng Headline - Pati) Curah hujan yang tinggi membuat aliran sungau menjadi deras, dan mengakibatkan tanggul sungai di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Jawa Tengah  mengalami longsor,  Rabu petang kemarin (3/2/21).
 
Longsornya tanggul sungai yang berdekatan dengan rumah warga itu, mencapai panjang  12 meter dengan ketinggian sekitar 6 meter.  Longsornya tanggul ini tentu sangat membahayakan keberadaan rumah warga.
 

 
 
Untuk mengantisipasi tanggul yang longsor tidak melebar lagi, pemerintah desa Tunjungrejo bersama warga melakukan perbaikan tanggul, Kamis (4/2/21). 
 
Salah seorang warga, Subandriyo mengatakan, jika longsornya tanggul diakibatkan air terlalu deras sehingga tanggul tersebut tidak mampu menahan lajunya air.  

"Hujan deras membuat arus sungai sangat kuat, sehingga membuat tanggul menjadi longsor," jelasnya.

Subandriyo juga menambahkan jika tanggul yang longsor tidak segera dilakukan perbaikan maka kemungkinan longsor akan semakin melebar.
 
"Sebelumnya tidak ada masalah. Tetapi karena tanggul sungai longsor, kami khawatir nanti air sungai  masuk ke perkempungan warga," katanya.

Kini, warga setempat  juga sudah  siaga untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, jika sudah dilakukan perbaikan namun cuaca yang tidak bisa diprediksi, bisa terjadi longsor susulan.

Pihak desa Tunjungrejo kemudian berinisiatif melakukan perbaikan dengan menyediakan material untuk memperbaiki tanggul yang longsor tersebut. Hal itu dilakukan agar longsor tidak semakin melebar, sehingga air sungai masuk ke pemukiman. 
 
Kepala Desa Tunjungrejo, Muhamad Ali Zuhdi mengungkapkan jika pihaknya sudah menyiapkan material untuk memperbaiki tanggul yang longsor.
 
"Kami bersama warga secepatnya memperbaiki tanggul yang longsor ini agar tidak melebar, sehingga air tidak masuk ke pemukiman.  Salah satu yang kami lakukan adalah menutup longsor dengan tanah dalam karung," jelasnya.
 

 
 
Pihak desa Tunjungrejo juga akan melakukan pantauan dengan kejadian adanya tanggul sungai yang longsor ini.  Apalagi intensitas hujan yang terus tinggi, membuat arus sungai menjadi kuat.
 
"Kami akan terus melakukan pantauan jika sewaktu-waktu terjadi tanggul longsor.  Intensitas hujan yang tinggi tentu membuat khawatir warga yang berada di dekat sungai," terangnya.
 
Kades Tunjungrejo juga berharap pada warganya yang berada di dekat sungai agar tetap waspada kemungkinan terburuk, tanggul sungai longsor.  Hal itu mengingat selama satu pekan lebih, intensitas hujan di Kabupaten Pati selalu tinggi. (PC)

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar